Kirab Budaya dan Sedekah Bumi di Sumber Banteng Kota Kediri, Sebuah Upaya Menarik Wisatawan 

Kirab Budaya dan Sedekah Bumi di Sumber Banteng Kota Kediri, Sebuah Upaya Menarik WisatawanGunungan tumpeng hasil bumi dikirap ke Sumber Banteng
Kediri, LINGKARWILIS.COM – Kirab Budaya dan Sedekah Bumi yang diselenggarakan di objek wisata Sumber Banteng, Kelurahan Tempurejo, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, Minggu (26/11) siang berlangsung semarak dan meriah.
Acara rutin yang diselenggarakan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sumber Banteng dengan dukungan Pemerintah Kota Kediri melalui Kelurahan Tempurejo bertujuan untuk menarik perhatian wisatawan.
Acara dimulai dengan kirab membawa Gunungan, berisi berbagai hasil bumi dari Lapangan Kwangkalan menuju area wisata Sumber Banteng.
Selanjutnya yang menjadi salah satu daya tarik utama acara ini adalah ketika Gunungan tersebut tiba di area Sumber Banteng lalu penonton yang hadir berebut untuk mendapatkan bagian dari Gunungan tersebut
Kepala Kelurahan Tempurejo Kecamatan Pesantren Kota Kediri Oryza Mahendrajaya menyampaikan bahwa kirab budaya dan sedekah bumi di Sumber Banteng sudah menjadi acara tahunan dengan tujuan untuk menarik wisatawan ke Kota Kediri. Apalagi Kota Kediri diperkirakan akan semakin banyak yang mengunjungi menyusul pembangunan bandara dan jalan tol.
“Kita harus memanfaatkan peluang untuk menarik minat wisatawan agar mau berkunjung ke Kota Kediri, khususnya ke Sumber Banteng,” ujar Oryza, Minggu (26/11).
Bupati Kediri Minta Pembangunan Jembatan Jongbiru Tepat Waktu dan Mutu, Begini Pesannya

Oryza Mahendrajaya juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak khususnya Pokdarwis Sumber Banteng dan masyarakat sekitar yang secara sukarela berpartisipasi dalam acara tersebut.

“potensi wisata yang ada di sini memang harus betul betul dimanfaatkan. Saya sangat mengapresiasi dan semoga membawa kebaikan bagi Kota Kediri,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Sumber Banteng Sudarsono menuturkan acara kirab budaya dan sedekah bumi juga merupakan simbol rasa syukur atas karunia yang diberikan Tuhan termasuk juga untuk melestarikan budaya lokal yang merupakan daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Kediri.
“Pertunjukan tari kolosal dari sanggar tari Puspa Canakya Santara yang menampilkan cerita legenda Sarinah, penunggu Sumber Banteng, menunjukkan semangat pelestarian budaya,”ujarnya.
Sementara itu dalam rangkaian acara kirab budaya dan sedekah bumi ini juga dilakukan kegiatan sosial berupa santunan anak yatim dan juga menabur benih ikan di kolam sumber.
Acara yang dihadiri ratusan pengunjung ini berlangsung menyenangkan dan aman didukung kehadiran sejumlah aparat keamanan dari Bhabinkamtibmas, Babinsa dan petugas keamanan lingkungan setempat.***
Reporter : Agus Sulistyo Budi
Editor : Hadiyin

Leave a Reply