Minat Baca di Ponorogo Turun, Ini Sebabnya

Minat Baca di Ponorogo Turun, Dinas Perpusip Sebut Faktor Ini yang Jadi PenyebabSalah seorang pengunjung di Dinas Perpusip (Sony)
Ponorogo, LINGKARWILIS.COM – Survei yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Perpusip) Ponorogo menunjukkan penurunan minat baca warga setempat dalam setahun terakhir.
Indeks tingkat kegemaran membaca (TKM) masyarakat Ponorogo pada tahun 2023 mencapai 58,7, menurun dari angka 60 pada tahun 2022.
Meskipun penurunannya tidak signifikan, namun adanya penurunan tersebut dapat berdampak pada kualitas masyarakat. Penurunan minat baca ini diindikasikan oleh masifnya penggunaan gadget dan media sosial di masyarakat.
Responden survei berasal dari berbagai kalangan dan tersebar di berbagai wilayah Ponorogo. Selain penurunan TKM, jumlah kunjungan ke Perpusip juga mengalami penurunan yang cukup signifikan, turun dari 8.697 orang pada tahun 2022 menjadi 5.193 orang pada tahun 2023.
“Memang turun dari 2022 ke 2023, kita masuknya ke kategori sedang untuk TKM,” ungkap Agus Sri Wahyuni, Kabid Layanan Informasi Perpustakaan dan Layanan Kearsipan Perspusip Ponorogo, Selasa (30/01/2024)

Salah satu faktor penurunan kunjungan adalah pengurangan kegiatan perpustakaan keliling karena keterbatasan anggaran. Pada tahun 2022, terdapat 80 titik yang dikunjungi oleh perpustakaan keliling, sedangkan pada tahun 2023 hanya ada 10 titik.

Perpustakaan keliling mencoba menyasar berbagai lokasi, seperti sekolah, pusat kegiatan masyarakat, dan kawasan wisata.

Meskipun menghadapi keterbatasan anggaran, pihak Perpusip Ponorogo berkomitmen untuk tetap memberikan layanan baca kepada masyarakat dan berharap dapat meningkatkan minat baca di wilayah tersebut.***

Reporter : Sony Dwi Prastyo
Editor : Hadiyin

Leave a Reply