Pemuda Pancasila Kota Kediri :  Harus Ada Regulasi yang Jelas Terkait Foto Caleg di Surat Suara

Pemuda Pancasila Kota Kediri : Harus Ada Regulasi yang Jelas Terkait Foto Caleg di Surat SuaraKetua MPC Pemuda Pancasila Kota Kediri  M.Aksonul Huda (ist)

Kediri, LINGKARWILIS.COM – Pemuda Pancasila ( PP ) Kota Kediri menegaskan dalam setiap agenda Pemilu ke depan harus ada regulasi yang jelas perihal foto Calon Legislatif ( Caleg ).

Sebab dalam Pemilu 2024 ini, sejumlah Caleg menggunakan filter foto untuk mendongkrak perolehan suara.

Penegasan tersebut merupakan salah satu pernyataan sikap yang dikeluarkan MPC Pemuda Pancasila Kota Kediri menyusul pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari kemarin.

Baca juga : Warga Kediri Merapat! Ada Durian Gratis untuk Umum, Cek Tanggal Makan Bersamanya Disini 

Ketua MPC Pemuda Pancasila Kota Kediri  M.Aksonul Huda mengatakan foto caleg pada surat suara dengan filter merupakan bentuk memanipulasi keaslian.

“Filter foto seharusnya tidak boleh sehingga aturan ke depan foto yang ditampilkan di surat suara harus foto yang realistis,” ujar pengacara kondang dari Kediri ini, Kamis (22/02/2024)

“Seharusnya pemilih bisa membaca rekam jejak akademis dan prestasi Caleg sehingga yang terpilih benar-benar mempunyai kapabilitas dalam mewakili aspirasi pemilih dalam persoalan-persoalan negara ini, “sambungnya.

Baca juga : Puluhan Pedagang Jajanan di SD – SMP di Kota Kediri Dikumpulkan Disperdagin, Ternyata Karena Ini

Pernyataan sikap selanjutnya yang dikeluarkan Pemuda Pancasila Kota Kediri adalah pengawalan  dan memantau proses penghitungan suara supaya berlangsung aman dan kondusif.

“Penghitungan suara manual oleh KPU ini sangat penting dan harus mengedepankan transparansi serta kecermatan,”tambahnya.

Selanjutnya M.Aksonul Huda juga meminta segera dilakukan pembenahan terhadap sirekap.

“Baik terhadap kesalahan tayang dan input juga melakukan pembenahan terhadap sistem,”pungkasnya.***

Editor : Hadiyin

Leave a Reply