Pencarian Korban Longsor di Blitar Masih Berlanjut, Ratusan Personil Gabungan Dikerahkan Mencari Gunawan 

Pencarian Korban Longsor di Blitar Masih Berlanjut, Ratusan Personil Dikerahkan Mencari Gunawan
pencarian korban longsor di Blitar (Azis/Memo)

LINGKARWILIS.COM – Pencarian korban longsor di Blitar masih terus berlanjut, kini tim gabungan sedang mencari Gunawan (45) korban terakhir dalam tragedi ini. 

Ratusan personel telah dikerahkan dalam pencarian Gunawan korban longsor, tetapi belum juga membuahkan hasil

banner 400x130

Mirisnya, satu dari dua alat berat yang digunakan macet terjebak material lempur sehingga im gabungan hanya mengandalkan 1 eksavator. 

Padahal keberadan alat berat sangat diperlukan supaya pencarian korban longsor lebih cepat “Masih dilakukan pencarian manual. Karena tingginya material longsoran,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Blitar, Ivong Bettryanto, Selasa (2/7).

Punya Riwayat Sakit Stroke, Warga Sutojayan, Blitar Tewas Saat Bermain Banana Boat di Pantai Karanggongso

Kerusakan pada ekskavator menyebabkan tim harus melakukan pencarian secara manual dengan menggunakan pacul dan pompa air. 

Selain itu, dalam beberapa hari terakhir, air telah muncul di lokasi kejadian, sehingga untuk mempermudah pengangkatan material longsor, mereka menggunakan semprotan air.

Gunawan, yang juga pemilik peternakan, adalah korban terakhir yang masih dicari. Sebelumnya, Jarianto dan Mugiono, yang juga membantu Dwiantoko alias Anto sudah ditemukan lebih dulu, namun dalam keadaan meninggal.

Tim gabungan dari BPBD, Basarnas, TNI, polisi, dan relawan bekerja sama-sama dalam pencarian ini.

Setidaknya 100 personel turun ke lapangan, mereka beroperasi di bawah ancaman longsor susulan karena lokasi kejadian rawan longsor. 

Tak jauh dari sana, dapur umum didirikan untuk menyediakan makanan dan minuman bagi personel secara gratis, yang diselenggarakan oleh dinas sosial.

Seperti yang diketahui, empat warga terperangkap dalam longsor di Dusun Sukorejo, Desa Bumirejo. 

Diantaranya satu korban selamat, yaitu Anto, sedangkan tiga lainnya lagi tertimbun. Dua di antaranya, yaitu Mugiono dan Jarianto, ditemukan meninggal dunia di bawah reruntuhan. Sementara Gunawan, yang juga pemilik peternakan ayam, masih dalam pencarian. 

Kejadian tragis ini terjadi ketika Gunawan dan Anto sedang melakukan panen ayam potong. Tiba-tiba, longsor terjadi dan menimbun kandang. Jarianto dan Mugiono, yang sedang membantu Anto, ikut tertimbun dalam kejadian tersebut.

Reporter: Bakti Wijayanto

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *