Penyakit Diabetes Berpotensi Bisa Diderita Siapa Saja, Ini Penyebabnya

penyakit diabetes bisa menjangkit siapa sajaIlustrasi, Diabetes bisa menjangkit siapa saja
Kediri, LINGKARWILIS.COM – Banyak orang yang meyakini bahwa diabetes hanya akan terjadi pada orang tua atau lansia.
Namun, anggapan ini keliru karena diabetes dapat menyerang siapa pun, tanpa memandang usia. Termasuk jenis kelamin, pria maupun wanita, baik muda maupun tua, semuanya berpotensi mengalami penyakit diabetes.

Lalu, apa yang menjadi penyebab seseorang mengalami diabetes?

Dihimpun dari berbagai sumber, Berikut ini penjelasan penyebab diabetes :
Persedikab Kediri Juara Piala Soeratin U 17 Jatim 2023 Setelah Menang Telak Atas Deltras Sidoarjo 4-0

1. Pola Hidup

Pada era modern ini, banyak faktor yang membuat pola hidup menjadi tidak sehat. Salah satunya adalah kurangnya aktivitas fisik, karena sebagian besar pekerjaan sekarang telah digantikan atau dipermudah oleh teknologi.

Selain itu, kenyamanan dalam mengakses hiburan melalui smartphone juga membuat orang cenderung kurang bergerak.

2. Pola Makan

Saat ini, berbagai jenis makanan cepat saji dengan mudah ditemukan di sekitar kita. Begitu pula dengan berbagai minuman yang memiliki rasa manis, seperti cokelat, teh, cappuccino, boba, dan sebagainya.

3. Faktor Keturunan

Diabetes tidak hanya disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat, melainkan juga dapat dipengaruhi oleh faktor keturunan.

Meskipun persentasenya tidak tinggi, memiliki orang tua yang menderita diabetes bisa menjadi faktor risiko. Namun, pencegahannya tetap dapat dilakukan dengan mengatur pola makan dan gaya hidup yang sehat.

4. Penumpukan Lemak

Penumpukan lemak tidak hanya terjadi pada tubuh yang mengalami obesitas, tetapi juga dapat terjadi pada tubuh yang tidak tergolong obesitas. Penumpukan lemak yang dimaksud adalah lemak visceral atau lemak di sekitar organ-organ tubuh.

Demikian beberapa penyebab penyakit diabetes. Dengan mengetahui  penyababnya kita bisa menjaga diri kita sangan sampai penyakit ini menjadikan aktivitas hidup kita terhambat.***
Editor : Hadiyin

Leave a Reply