Daerah  

Peringati Hari Lingkungan Hidup Dunia, BPN Kota Kediri Tanam 100 Pohon di Sumber Cakarsi, Ini Infonya

BPN Kota Kediri Tanam 100 Pohon di Sumber Cakarwesi Peringati Hari Lingkungan Hidup Dunia
BPN Kota Kediri Tanam 100 Pohon di Sumber Cakarwesi Peringati Hari Lingkungan Hidup Dunia (bidu)

Kediri, LINGKARWILIS.COM – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Dunia, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Kediri, bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri serta Kelurahan Tosaren, melaksanakan penanaman serentak 100 pohon di Sumber Cakaresi, Kelurahan Tosaren, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, Rabu (5/6/2024).

Berbagai jenis pohon seperti akasia, mauni, pule, dan trembesi ditanam di area Sumber Cakarwesi dengan tujuan melestarikan lingkungan dan menjadikan area sumber air ini sebagai destinasi wisata.

banner 400x130

Kepala Badan Pertanahan Nasional, Janny Danny, S.T., M.Sc., menjelaskan alasan pemilihan lokasi penanaman di Sumber Cakarwesi.

” Sumber Cakarsi masih alami dan luas, sehingga sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata yang mendapat perhatian serius dari pemerintah. Selain menambah aset daerah, juga meningkatkan perekonomian dan membuka lapangan pekerjaan. Kami ingin menjaga keasriannya dan kelestariannya dengan lebih baik lagi,” jelas Janny.

Kepala Kelurahan Tosaren, Joko Prayitno, S.E., menyampaikan apresiasinya terhadap program BPN.

“Kegiatan ini sangat positif dan kami dari pihak kelurahan sangat mendukung untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup, khususnya di lingkungan sumber air ini,” katanya.

Baca juga : Mas Dhito Serahkan Hibah Tanah Pemkab Kediri ke Kejaksaan, Berharap Layanan Pada Masyarakat Semakin Meningkat

Sementara itu, Imam Muttakin, Kepala DLHKP Kota Kediri, menekankan pentingnya kolaborasi dalam menjaga kelestarian lingkungan.

 “Upaya pelestarian seperti ini sangat penting. Kami akan terus mendorong kegiatan serupa di berbagai lokasi di Kediri. Kesadaran kolektif menjaga lingkungan adalah kunci keberhasilan,” tutur Imam Muttakin.

Sutrisno, salah satu warga setempat mengaku bangga bisa berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

” Semoga pohon-pohon yang ditanam hari ini tumbuh besar dan bermanfaat bagi anak cucu kita kelak,” ucapnya.

Penanaman serentak ini diharapkan tidak hanya berdampak pada lingkungan Sumber Cakarsi, tetapi juga menginspirasi masyarakat Kediri untuk lebih peduli dan aktif dalam menjaga kelestarian alam sekitar, terutama dalam menjaga ekosistem.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala BPN Kota Kediri, Janny Danny, S.T., M.Sc., Kepala Kelurahan Tosaren, Joko Prayitno, S.E., Chandra Maharanto Kabid PLH, Aris Mahmuddin Kabid PPLH dan staf DLHKP Kota Kediri, Polsek Pesantren, serta masyarakat setempat.***

Reporter: Agus Sulistyo Budi
Editor: Hadiyin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *