Puluhan Anggota KPPS di Kota Blitar Kompak Mengundurkan Diri, Ini Infonya  

Puluhan Anggota KPPS di Kota Blitar Kompak Mengundurkan Diripara peserta KPPS ketika menjalani sesi wawancara Desember 2023 lalu. (Aziz)
Blitar, LINGKARWILIS.COM – Sebanyak 33 anggota KPPS dari total 3.059 orang mengundurkan diri. Bahkan di TPS 13 Kelurahan Blitar, Kecamatan Sukorejo  semua anggota KPPS kompak undur diri dengan berbagai alasan.

“Iya memang ada 33 anggota KPPS yang mundur sebelum pelantikan. Sebenarnya belum dinyatakan KPPS karena belum resmi menjabat. Nanti kalau dilantik baru KPPS,” kata Komisioner Bidang Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, KPU Kota Blitar, Rangga Bisma Aditya, Kamis (18/1).

Dia mengatakan sesuai dengan rencananya peserta KPPS yang lolos seleksi baru menjalani pelantikan pada 25 Januari 2024. Begitu dilantik, para KPPS langsung menjalani sesi pelatihan hingga bimbingan teknis.

Baca juga : Mendekati Pemilu 2024, Dispendukcapil Kota Kediri Keliling ke Sekolah, Percepat Perekaman KTP-El Pemilih Pemula

Rangga mengatakan setiap perekrutan memang ada yang beberapa mundur. Tetapi baru kali ini jumlahnya banyak dan ada 1 TPS yang kompak mundur.

“Di TPS 13 ada 7 yang semuanya mundur,” jelasnya.

Dia menambahkan lagi, salah satu penyebab mundurnya KPPS ada berbagai faktor. Di antaranya ada yang diterima sebagai karyawan, ada pula yang sedang keluar daerah.

Namun untuk yang ada di satu TPS kompak mundur itu karena memang alasan klasik. Yakni tak sanggup dengan tugas dan tanggungjawab yang diberikan.

Pasalnya nantinya harus melakukan penghitungan. Mulai surat suara DPR-RI, DPR provinsi, DPRD, DPD dan terakhir surat suara presiden dan wakil presiden.

“Ya alasannya tak sanggup,” katanya.

Nah, meski ada yang mundur, lanjutnya KPU tak ambil pusing. Sesuai dengan regulasi, akan mengambil dari peserta seleksi di bawahnya.

Dan sampai saat ini prosesnya masih berlangsung. “Sudah ada penggantinya. Intinya tak mempermasalahkan,” katanya.

Sesuai dengan data, KPU membutuhkan 3.059 tenaga KPPS. Nantinya bakal disebar di 437 TPS.***

Reporter : Abdul Aziz Wahyudi
Editor : Achmad Saichu

Leave a Reply