Rumah Warga Jombang Terendam Banjir Setinggi 1,5 Meter Akibat Hujan Semalaman

Diguyur Hujan Semalam, 500 Rumah Warga Jombang Terendam Banjir Setinggi 1,5 Meter, Warga Menyelamatkan Diri di Plafon RumahBanjir terjadi setelah hujan deras mengguyur Jombang semalaman. (Agung)

Jombang, LINGKARWILIS.COM – Hujan deras semalam di Kabupaten Jombang mengakibatkan dua sungai besar di Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung, Jombang, tidak sanggup menampung air yang deras.

Akibatnya, air sungai meluap dan membanjiri pemukiman warga dengan ketinggian rata-rata mencapai 1,5 meter pada Rabu, (6/3/2024).

Salah satu warga, Ponipah (58) dari Dusun Kebondalem, Desa Kademangan, mengungkapkan bahwa banjir mulai merendam rumahnya sejak dini hari pukul 00.30 WIB.

baca juga : Jombang Akan Deklarasi Pondok Pesantren Ramah Anak, Tidak Ingin Kejadian Seperti di Kediri

“Hujan deras yang terjadi sejak Selasa malam, pukul 21.00 WIB, menyebabkan banjir setinggi 1 meter di dalam rumah dan 1,5 meter di jalan,” ungkapnya kepada media.

Meskipun terdampak banjir, Ponipah dan keluarganya memilih bertahan di dalam rumah dan berlindung di atap plafon yang telah dipersiapkan untuk mengantisipasi banjir tahunan.

“Banyak anak kecil, jadi susah kalau harus mengungsi. Kami takut, tapi tidak punya pilihan lain karena air sudah sangat tinggi di luar,” ucapnya.

Baca juga : Jobseeker Merapat! 3 Info Lowongan Kerja Kediri dan Sekitarnya Terbaru Maret 2024 

Kepala Dusun Kabondalem, Irwan Susanto, menjelaskan bahwa hujan deras yang terus-menerus sejak Selasa malam hingga dini hari Rabu menyebabkan Sungai Catak Banteng dan Sungai Pancir Gunting meluap, memasuki wilayah Desa Kademangan dengan genangan air mencapai 1,5 meter.

“Impak banjir ini dirasakan oleh sekitar 500 Kepala Keluarga di wilayah tersebut,” katanya.

Irwan menambahkan bahwa sebagian besar warga telah mengungsi ke rumah kerabat yang tidak terdampak banjir, sementara beberapa lainnya mengungsi ke Balai Desa Kademangan.

Supervisor Pusat Pengelolaan Operasi Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pusdalops BPBD) Jombang, Stevie Maria, mengungkapkan bahwa banjir terjadi di 3 kecamatan di Jombang, termasuk Mojoagung, Sumobito, dan Jombang.

Banjir juga melanda beberapa desa di kecamatan tersebut, seperti Madyopuro, Talunkidul, Pulo Lor, dan Sambongdukuh. “Ketinggian air dan kondisi lainnya masih dalam proses pendataan,” tambahnya.***

Reporter : Taufiqur Rachman
Editor : Hadiyin

Leave a Reply