Daerah  

Sosialisasi PPDB 2024, Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Kediri Mewujudkan Pendidikan yang Adil dan Merata

Sosialisasi PPDB 2024, Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Kediri Mewujudkan Pendidikan yang Adil dan Merata
Sosialisasi PPDB 2024, Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Kediri saat diskusi tentang PPDB (bidu)
Kediri, LINGKARWILIS.COM – Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Kediri melaksanakan sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024,  Selasa (4/6/2024).
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Wilayah Kediri, Adi Prayitno, membuka sosialisasi dengan penjelasan secara detail  mengenai mekanisme dan jalur-jalur PPDB 2024.

“PPDB tahun ini tetap berlandaskan prinsip keadilan dan pemerataan,” ujarnya usai acara sosialisasi.

banner 400x130
Baca juga : Satlantas Polres Kediri Kota Tindak Siswa SMP yang Berangkat Sekolah Pakai Motor, Ini Infonya

“Ada empat jalur yang tersedia diantaranya jalur prestasi, afirmasi, pindah tugas orang tua dan zonasi,” lanjut Adi Prayitno.

Adi Prayitno menjelaskan bahwa jalur prestasi ditujukan bagi siswa dengan pencapaian akademik dan non-akademik yang unggul, sementara jalur afirmasi memberikan kesempatan bagi siswa dari keluarga kurang mampu dan anak berkebutuhan khusus.

Jalur pindah tugas diperuntukkan bagi siswa yang orang tuanya pindah tugas kerja, dan jalur zonasi menjadi pilihan untuk mendekatkan siswa dengan sekolah di sekitar tempat tinggal mereka.

Selain itu, Adi Prayitno menekankan pentingnya memanfaatkan website resmi PPDB Jawa Timur, ppdbjatim.net, sebagai sumber informasi utama.
“Kami mengimbau seluruh orang tua dan siswa untuk memantau website resmi PPDB Jawa Timur guna mendapatkan informasi yang akurat dan terkini,” tuturnya.

Dengan sosialisasi ini, diharapkan proses PPDB tahun 2024 dapat berjalan dengan lancar dan transparan, memberikan kesempatan yang adil bagi seluruh calon peserta didik di Provinsi Jawa Timur, khususnya di Kota Kediri.

Sementara itu, di tempat yang sama Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri, Anang Kurniawan menyampaikan bahwa tahap pertama PPDB di Kota Kediri akan fokus pada karakteristik jalur yang mengkhususkan bagi masyarakat Kota Kediri.

“Zonasi tetap menjadi prioritas untuk memastikan akses pendidikan yang merata,” ujar Anang.

Lebih lanjut, Anang Kurniawan menjelaskan mengenai PPDB untuk jenjang SMK melalui jalur afirmasi dan pindah orang tua.

“Kami berharap dengan adanya jalur-jalur ini, akses pendidikan yang berkualitas dapat dirasakan oleh semua kalangan,” jelasnya.
Selain dihadiri oleh  Adi Prayitno, Mpd selaku kepala dinas pendidikan Provinsi Jatim dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri Anang Kurniawan, hadir pula Sekretaris Dinas pendidikan Kabupaten Kediri April Setyawan serta sejumlah kepala sekolah dan ormas.***

Reporter : Agus Sulistyo Budi
Editor : Hadiyin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *