Daerah  

Suasana Haru Iringi Pemberangkatan Jemaah Haji Asal Jombang, Ini Infonya

Suasana Haru Iringi Pemberangkatan Jemaah Haji Asal Jombang
Suasana pemberangkatan jamaah haji asal Jombang dari Pendopo Kabupaten Jombang. (agung)
Jombang, LINGKARWILIS.COM – Suasana haru menyelimuti pemberangkatan jamaah haji asal Kabupaten Jombang pada Senin ( 27/5/ 2024) pagi. Keluarga yang mengantar jamaah haji tampak tak kuasa menahan air mata saat berpisah di gerbang Pendopo Kabupaten Jombang, yang menjadi batas akhir pengantaran mereka.
Beberapa anggota keluarga bahkan mencoba menerobos gerbang demi bisa mengantar kerabat mereka hingga ke kendaraan bus, namun mereka dihalau oleh petugas keamanan yang berjaga.

Pada hari itu, sebanyak empat kloter diberangkatkan sekaligus, yakni kloter 61, 62, 63, dan 64, dengan total 1.169 jamaah. Sebelum diberangkatkan menuju Asrama Haji Sukolilo di Surabaya, para jamaah mengikuti arahan dan doa bersama.

banner 400x130
Pemandangan haru terlihat saat keluarga yang hanya bisa menghantarkan dari luar kawasan pendopo melambaikan tangan kepada para jamaah yang berangkat.

Humaira, salah satu keluarga jamaah, mengungkapkan perasaannya yang campur aduk. “Senangnya karena saudaranya bisa berangkat haji, dan sedih karena harus ditinggal. Semoga bisa menjalankan ibadah dengan baik dan diberikan kesehatan,” ujar Humaira dengan mata berkaca-kaca.

Kepala Kemenag Jombang, Muhadjir, menyebutkan bahwa dari ribuan jamaah yang berangkat, terdapat 35 orang yang memerlukan perhatian khusus.

“Per kloter ada 371 jemaah,” kata Muhadjir.
 Ia juga menyampaikan bahwa ada dua jamaah haji Jombang yang gagal berangkat, dimana satu orang meninggal dunia dan satu lagi sedang hamil. “Namun semuanya telah tergantikan,” tambahnya.

Muhadjir mengingatkan para jamaah untuk menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah di tanah suci, mengingat cuaca diprediksi akan sangat panas. “Cuacanya cukup panas, berkisar antara 48 hingga 50 derajat Celsius,” pungkasnya.

Momen pemberangkatan ini menjadi pengingat bagi para jamaah dan keluarga akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersamaan, serta memberikan dukungan moral satu sama lain selama menjalankan ibadah haji.***

Reporter : Agung Pamungkas
Editor : Hadiyin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *