Warga  Desa Bulu Kecamatan Semen Kabupaten Kediri Gelar Megengan Kubro, Ini Tujuannya

Warga Desa Bulu Kecamatan Semen Kabupaten Kediri Gelar Megengan KubroAcara megengan di Desa Bulu Kecamatan Semen

Kediri, LINGKARWILIS.COM – Menjelang bulan suci Ramadhan warga Desa Bulu Kecamatan Semen Kabupaten Kediri mengadakan acara ‘megengan kubro’ pada Minggu, (3/3/2024). Acara yang rutin diadakan setiap tahun ini digelar di halaman pemakaman umum setempat.

“Acara megengan ini setiap tahun kami lakukan dan  ini sudah ketiga kalinya yang sebelumnya tidak ada,” ujar Kades Bulu, Sya’roni  Amd.Kep di sela acara.

Sya’roni  Amd.Kep mengatakan, megengan kubro adalah acara doa bareng-bareng sebagai persiapan menyambut Ramadhan yang merupakan inisiatif bersama sebagai bagian dari kearifan lokal.

Baca juga : KTNA Kota Kediri Dorong Penerapan Budidaya Tanaman Sehat, Hasil Produksi Padi Berkualitas dan Biaya Produksi Bisa Ditekan

“doa bersama ini untuk mendoakan leluhur masing-masing dan juga minta keselamatan pada Allah khususnya untuk warga Desa Bulu Kecamatan Semen,” tambahnya.

Megengan kubro kata Sya’roni  Amd.Kep, penting dilestarikan karena juga bertujuan untuk menjaga kerukunan dan keguyuban warga  Desa Bulu di samping tentunya juga untuk melestarikan budaya leluhur.

Acara megengan kubro di Desa Bulu ini diselenggarakan warga dengan dukungan pemerintah desa dan tokoh masyarakat serta tokoh agama. Perwakilan warga dari masing-masing dusun hadir yakni dusun Gapuk, Karang Doro dan Bogo.

Baca juga : Pemkab Kediri Gencar Adakan Operasi Pasar Murah Secara Merata

“konsumsi sifatnya swadaya, tidak ada penekanan. Kami juga menyepakati masing-masing RT di tiga dusun membawa 1 tumpeng,” lanjutnya.

Tidak lupa Sya’roni  Amd.Kep menyampaikan terimakasih pada semua pihak yang berperan dalam pelaksanaan  kegiatan megengan kubro di Desa Bulu termasuk pada Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat.

“terimakasih semuanya semoga kita nantinya bisa menjalankan ibadah puasa Ramadan dengan baik dan maksimal,” pungkasnya.***

Reporter : Agus Sulistyo Budi

Editor : Hadiyin

Leave a Reply