Daerah  

Warga Munjungan, Trenggalek Menanti Operasional Pembangkit Listrik Tenaga Bayu, Begini Progres Pembangunannya

Dinanti Masyarakat, Ini Progres Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu di Trenggalek
Foto PLTB Sidrap Sulawesi Selatan (dok IG pltb_sidrap)
Trenggalek, LINGKARWILIS.COM – Masyarakat Desa Besuki dan sekitarnya di Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek, sedang menantikan realisasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB). Proyek ini diharapkan dapat memberikan berbagai dampak positif bagi daerah tersebut, termasuk dalam sektor pariwisata dan infrastruktur.

Camat Munjungan, Yusuf Widharto, menyatakan bahwa masyarakat mendukung keberadaan PLTB karena selain ramah lingkungan, proyek ini diharapkan dapat meningkatkan infrastruktur jalan yang akan digunakan untuk mengangkut peralatan PLTB.

banner 400x130
“yang pasti akan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat,” ujarnya.
Baca juga : Pelantikan Serentak Pantarlih di 46 Kelurahan Kota Kediri, Target Satu Juta Pemilih di Jatim untuk Pemilukada 2024

Dalam penelitian yang dilakukan oleh PT Envision Green Energy Indonesia, Desa Besuki dipilih sebagai salah satu lokasi studi untuk mendukung rencana pembangunan PLTB.

Meskipun prosesnya masih dalam tahap penelitian, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Trenggalek, Edi Santoso, optimis bahwa proyek ini akan terealisasi. Penelitian yang dilakukan melibatkan pengukuran kecepatan angin secara ritmik selama dua tahun untuk menentukan kecocokan lokasi.

Jika hasil penelitian memenuhi harapan, PLTB ini dapat dianggap layak secara ekonomi untuk dilaksanakan. Nilai investasi proyek diperkirakan mencapai sekitar Rp 2 miliar, dan potensi ini diharapkan dapat memicu investasi lainnya di daerah tersebut, seperti instalasi tower dan biaya sewa lahan.

Baca juga : Ndarboy Genk Akan Hebohkan Kediri di Bulan Juni 2024, Konser GRATIS untuk Warga Panjalu 

Lebih lanjut, pembangunan PLTB di Trenggalek juga sejalan dengan komitmen daerah untuk menggunakan energi bersih dan ramah lingkungan. Sebelumnya, Trenggalek telah menjadi kabupaten pertama yang menerima Renewable Energy Certificate (RECs) atas kerjasamanya dengan PLN dalam memilih sumber listrik dari energi terbarukan, seperti yang terjadi di PLTA Cirata.

Dengan demikian, realisasi PLTB di Trenggalek bukan hanya akan memenuhi kebutuhan energi masyarakat secara berkelanjutan, tetapi juga memberikan dampak positif pada sektor ekonomi dan pariwisata di kawasan pesisir selatan barat Kabupaten Trenggalek.***

Reporter : Angga

Editor : Hadiyin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *