5 Tips Merawat Tanaman Calathea Agar Tetap Sehat dan Cantik, Nomor 3 Sering Sekali Dilupakan 

5 Tips Merawat Tanaman Calathea Agar Tetap Sehat dan Cantik, Nomor 3 Sering Sekali Dilupakan Ketahui tips merawat tanaman Calathea supaya tetap sehat dan sehat 

LINGKARWILIS.COM – Siapa bilang merawat tanaman Calathea sulit? Jika mengetahui karakteristik yang dimiliki merawat Calathea sangatlah mudah.  

Meskipun merawat tanaman Calathea mudah seringkali kita menemui masalah seperti daun menguning, menggulung, atau bahkan mati. 

Jika pernah mengalami hal tersebut bisa dikatakan cara merawat tanaman Calathea yang Anda lakukan ada kesalahan. 

Supaya tidak ada kesalahan dalam merawat tanaman Calathea. Mari simak tips perawatan calathea agar tanaman tetap subur.

Rekomendasi Warung MIe Ayam Enak dan Murah di Kediri, Harganya Gak Bikin Kantong Menjerit! 

1 Pemilihan Media Tanam yang Tepat

Pertama-tama, perlu memilih media tanam yang sesuai. Calathea lebih menyukai media tanam tanpa tanah, seperti campuran sekam mentah dan pupuk kandang. 

Media tanam yang poros membantu menjaga kelembaban tanah dan memberikan kenyamanan bagi pertumbuhan calathea.

3 Resep Cemilan Gurih yang Nikmat Dimakan Saat Hujan, Menggugah Selera dan Bikin Suasana Makin Syahdu 

2 Penyiraman yang Tepat

Penyiraman menjadi faktor penting dalam merawat calathea meskipun tanaman ini menyukai kelembaban, sebaiknya kita tidak terlalu rajin menyiram. 

Lebih baik menunggu media tanam agak kering sebelum disiram kembali. Jangan menyiram terlalu sering agar akar tidak rusak atau tanaman tidak stres.

3 Hindari Sinar Matahari Langsung

Calathea merupakan tanaman yang tidak menyukai sinar matahari langsung. Sehingga Tempatkan tanaman ini di tempat yang teduh, seperti di teras yang tidak terpapar langsung sinar matahari atau di sudut ruangan yang mendapatkan sinar matahari pagi.

Enaknya Resep Rempeyek Kembang Goyang Ala Chef Rudy Choirudin, Cemilan Gurih yang Menggugah Selera 

4 Penggantian Pot yang Bijaksana

Penggantian pot sebaiknya dilakukan dengan bijaksana. Jangan terlalu sering mengganti pot tanaman, cukup sekali dalam setahun. 

Jika akar tanaman sudah sesak, itulah saat yang tepat untuk melakukan repotting. Perhatikan ukuran pot agar tanaman memiliki waktu yang cukup untuk menyesuaikan diri.

Tips Merawat Tanaman Calathea Supaya Tumbuh Subur dan Rimbun, Pemula Wajib Tahu Ini! 

5 Hindari Pupuk Kimia Berlebihan

Pemberian pupuk kimia sebaiknya dilakukan dengan bijaksana, karena calathea lebih responsif terhadap pupuk organik seperti dekat Star atau osmocote hijau. 

Gunakan pupuk merah dengan dosis yang tepat, sekitar 10-20 butir per pot, dan lakukan pemberian minimal enam bulan sekali.

Itulah beberapa tips sederhana dalam merawat tanaman calathea. Semoga dengan menghindari kesalahan-kesalahan umum tersebut, calathea kesayangan dapat tumbuh subur dan tetap cantik. 

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya 

Leave a Reply