Tips Merawat Tanaman Calathea Supaya Tumbuh Subur dan Rimbun, Pemula Wajib Tahu Ini! 

Tips Merawat Tanaman Calathea Supaya Tumbuh Subur dan Rimbun, Pemula Wajib Tahu Ini! Ini cara merawat tanaman Calathea supaya tumbuh subur 

LINGKARWILIS.COM – Merawat tanaman Calathea sebenarnya mudah tetapi pasti ada yang seringkali mengalami masalah seperti daun menggulung, menguning, atau daun tidak bisa lebar. 

Maka dari itu pemula yang ingin merawat tanaman Calathea harus mengetahui beberapa penyakit dan penangannya. 

Hal tersebut perlu diketahui setiap pecinta tanaman supaya dalam merawat tanaman Calathea tidak mengalami kesulitan. 

Cara Simpel Merawat Tanaman Calathea untuk Pemula, Coba Perhatikan 4 Hal Ini! 

Supaya hal tersebut tidak terjadi maka kami akan membagikan tips merawat tanaman Calathea supaya subur dan rimbun. 

Pertama-tama, dalam merawat Calathea, Anda perlu membuang daun-daun yang sudah tidak sehat. Ini penting agar penyakit tidak menyebar ke daun-daun yang lain.

Apabila melihat daun Calathea menguning, kemungkinan besar karena air hujan atau air penyiraman. Apabila hal itu terjadi Anda bisa memotong daun yang sudah tidak sehat untuk merangsang pertumbuhan tunas baru.

Enaknya Resep Rempeyek Kembang Goyang Ala Chef Rudy Choirudin, Cemilan Gurih yang Menggugah Selera 

Tips berikutnya, Anda bisa membedakan daun calathea berdasarkan ukuran pot. Pot yang kecil mungkin menandakan kekurangan nutrisi atau pertumbuhan yang kurang baik. 

Pot yang besar, sebaliknya, akan mendukung pertumbuhan daun yang lebih lebar dan cantik. Pilih ukuran pot yang sesuai dengan keinginan kita terhadap daun calathea.

Penting juga untuk menggunakan media tanam yang baik. Perhatikan juga cara menyemprot calathea. Jangan disiram, tetapi lebih baik disemprot untuk menjaga kelembaban tanaman. Calathea menyukai lingkungan yang sejuk, jadi hindari tempat terlalu panas yang dapat membuatnya menggulung.

Resep Tahu Isi Ayam Ala Chef Devina Hermawan, Nikmat Banget Dimakan Saat Hujan 

Untuk menempatkan calathea di dalam ruangan, berikan alas di bawahnya atau gunakan rak pot. Akar calathea cenderung subur dan tumbuh ke bawah. Hindari juga sinar matahari langsung agar tanaman tetap sehat.

Ketika tanaman sudah lama ditanam, mungkin diperlukan repotting. Pilih pupuk alami atau bahan-bahan dari dapur seperti kulit bawang, air cucian beras, atau kulit telur sebagai pupuk. Hindari pupuk yang terlalu berlebihan agar tanaman tetap segar.

Itulah beberapa tips untuk merawat tanaman calathea agar tumbuh subur, semoga tumbuh sesuai dengan harapan.

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Leave a Reply