Daerah  

Bawaslu Kediri Mantapkan Pengawasan Pemilukada 2024, Salah Satunya dengan Peningkatan Kapasitas Melalui Bimtek dan Rakor

Bawaslu Kediri Mantapkan Pengawasan Pemilukada 2024, Salah Satunya dengan Peningkatan Kapasitas Melalui Bimtek dan Rakor
Bawaslu Kediri Mantapkan Pengawasan Pemilukada 2024, Salah Satunya dengan Peningkatan Kapasitas Melalui Bimtek dan Rakor (bidu)

Kediri, LINGKARWILIS.COM – Bawaslu Kota Kediri mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Rapat Koordinasi (Rakor) untuk 46 Pengawas Kelurahan sebagai persiapan menghadapi Pemilukada Serentak 2024. Acara ini berlangsung di Aula Kecamatan Kota Kediri, Senin, (24 /6/2024)

Suhartono, Komisioner Bawaslu Kediri, menjelaskan bahwa Bimtek kali ini difokuskan pada teknis pengawasan pencocokan dan penelitian (Coklit), uji petik, dan pengisian alat kerja untuk mengurangi pelanggaran selama Pemilukada.

banner 400x130

“Hari ini kami berikan Bimtek kepada 17 Pengawas Kelurahan di Kecamatan Kota,” katanya.

Pengawasan langsung dan melekat oleh Panwascam dan Pengawas Kelurahan diinstruksikan untuk memastikan kehadiran dan kesiapan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) sesuai pedoman terbaru KPU.

Baca juga : Pelantikan Serentak Pantarlih di 46 Kelurahan Kota Kediri, Target Satu Juta Pemilih di Jatim untuk Pemilukada 2024

“Para pengawas pemilu harus memastikan PPDP telah menerima Bimtek dan kelengkapan alat coklit seperti topi, rompi, id card, dan stiker coklit yang wajib ditempel di rumah warga,” tegas Suhartono.

Suhartono menekankan pentingnya pengawasan yang teliti agar Pemilukada Serentak 2024 berjalan sukses dan bebas dari kecurangan. Sesuai Pasal 15 PKPU No. 7 Tahun 2024, PPDP harus memberikan formulir Model A-Tanda Bukti Coklit dan menempelkan stiker Coklit di setiap rumah tangga sasaran.

“Mari kita kawal bersama demi suksesnya Pemilukada Serentak 2024,” tutupnya***

Reporter : Agus Sulistyo Budi
Editor : Hadiyin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *