Benda Purbakala Peninggalan Era Pra Majapahit Ditemukan di Situs Gondang Trenggalek, Ini Keterangan Tim Eskavasi

Ekskavasi Tahap Dua Situs Gondang Trenggalek RampungProses ekskavasi tahap dua di Situs Gondang Trenggalek (angga)
Trenggalek, LINGKARWILIS.COM – Dalam proses ekskavasi tahap dua Situs Gondang, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek Tim Balai Pelestarian Kebudayaan wilayah XI Jatim menemukan sejumlah benda purbakala yang merupakan peninggalan era pra Majapahit, khususnya sekitar abad ke IX.

Mochammad Ichwan, Ketua tim ekskavasi, mengungkapkan temuannya adalah relief terakota dari abad IX Masehi yang diduga berasal dari era pra Majapahit.

“Tiga relief terakota bergambar wanita, satu lingga, balok bata putih, bata merah timbulan segi delapan, dan ornamen candi.” jelasnya, Selasa (28/11/2-23).
Temuan tersebut, kata Mochammad Ichwan, melengkapi ekskavasi sebelumnya yang sudah menghasilkan 10 arca di lokasi Situs Gondang.
Mochammad Ichwan menambahkan,  ekskavasi tahap dua juga memberikan gambaran denah struktur candi di Situs Gondang. Berdasarkan denah itu, candi tersebut memiliki bentuk persegi dengan ukuran 5,8 meter persegi, sementara tingginya masih dalam proses identifikasi.
Selain itu, tim melakukan penggalian untuk mencari parawara di situs ini, meskipun tidak ditemukan identifikasi adanya parawara setelah penggalian dua petak di sebelah barat dekat galian candi utama.

Berdasarkan hasil identifikasi benda-benda purbakala, candi di Situs Gondang diduga berasal dari era pra Majapahit atau sekitar abad IX Masehi, yang sebelumnya disebut sebagai era Mataram Kuno Abad ke X. Candi ini diyakini berfungsi sebagai tempat pemujaan.

“mari kita jaga kelestarian peninggalan benda bersejarah tersebut,” kata  Ichwan.

Tim memberikan rekomendasi agar struktur candi dapat ditampilkan secara utuh dan perlu dilakukan pelestarian serta pengamanan situs.

Benda-benda purbakala yang ditemukan saat ini disimpan di Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek.
“Ekskavasi tahap tiga kami rencanakan tahun depan,” tutupnya.***
Reporter : Angga Prasetya

Editor : Hadiyin

Leave a Reply