Cara Ampuh Mengatasi Ikan Nila yang Kena Jamur, Pakai Daun Pisang Saja Langsung Waras 

Cara Ampuh Mengatasi Ikan Nila yang Kena Jamur, Pakai Daun Pisang Saja Langsung Waras 
Cara mengatasi ikan nila yang terkena jamur

LINGKARWILIS.COM – Budidaya ikan nila sebenarnya tidaklah sulit tetapi jika salah satu ikan terkena penyakit seperti jamur maka harus segera diatasi. 

Pasalnya jika penyakit jamur pada ikan nila tidak segera diatasi hal ini akan berujung pada kematian ikan sehingga jangan sampai dibiarkan saja. 

banner 400x130

Biasanya penyakit jamur tiba saat musim hujan dan sering kali menjadi masalah besar bagi para peternak ikan. nila

Supaya penyakit tidak berlarut, maka kami akan memberikan beberapa cara ampuh namun sederhana untuk mengatasi penyakit jamur pada ikan nila dilansir dari kanal Youtube Muhammad Official.. 

Cara Mengatasi Jamur Pada Ikan Nila 

1 Menggunakan Garam Dapur

Salah satu metode sederhana dan efektif adalah penggunaan garam dapur, yang memiliki sifat antibakteri untuk membantu membunuh bakteri dan jamur di dalam kolam. 

Cara Penggunaan:

– Larutkan Garam dalam Air  

Anda bisa langsung menaburkan garam ke dalam kolam atau melarutkannya terlebih dahulu dengan air. 

Larutan garam ini akan menyebar lebih merata dan efektif membunuh bakteri di dalam kolam. Selain garam dapur Anda juga bisa menggunakan garam kristal untuk kolam ikan.

– Frekuensi Penggunaan  

Taburkan garam secara merata ke seluruh permukaan kolam. Biasanya, setelah dua kali pemberian garam, ikan mulai menunjukkan perbaikan. Langkah ini dapat diulangi setiap beberapa hari hingga kondisi ikan membaik.

– Pantau Kondisi Ikan  

Setelah menggunakan garam, perhatikan perilaku ikan. Jika ikan mulai gesit dan mau makan, ini adalah tanda positif bahwa pengobatan berjalan efektif.

2 Probiotik Air

Probiotik air seperti Nasa atau M4 dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas air di kolam. Probiotik ini membantu menjaga keseimbangan mikroorganisme di dalam air, yang penting untuk kesehatan ikan.

3 Menggunakan Daun Pisang atau Daun Pepaya

Daun pisang atau daun pepaya juga bisa dimanfaatkan, caranya cukup mudah, masukkan daun pisang kering atau pelepahnya ke dalam kolam. 

Daun ini mengandung senyawa alami yang dapat membantu menyehatkan air dan mengurangi pertumbuhan jamur.

Penggunaan garam dapur adalah salah satu metode yang paling mudah dan cepat. Namun, kombinasi dengan probiotik air atau daun pisang dapat memberikan hasil yang lebih baik.

Selalu pantau kondisi ikan setelah melakukan pengobatan dan lakukan langkah-langkah pencegahan untuk menjaga kesehatan ikan di kolam Anda.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi air dan kebersihan kolam, serta memberikan pakan yang cukup dan bergizi untuk ikan nila Anda. Dengan perawatan yang tepat, ikan nila Anda akan tetap sehat dan tumbuh dengan baik.

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *