Cara Membuat Jamu Kunyit Putih Homemade, Pengobatan Tradisional yang Punya Banyak Manfaat 

Cara Membuat Jamu Kunyit Putih Homemade, Pengobatan Tradisional yang Punya Banyak Manfaat Ilustrasi cara membuat jamu kunyit putih

LINGKARWILIS.COM – Kunyit putih sering dikenal dengan berbagai nama lokal, seperti temu putih, kencur, atau kunci pepet, tergantung pada daerah tempat tumbuhnya.

Kunyit putih memiliki akar rimpang yang memiliki aroma harum dan digunakan dalam berbagai keperluan, terutama dalam bidang pengobatan tradisional.

Dalam bidang pengobatan tradisional, kunyit putih telah digunakan selama berabad-abad karena khasiatnya dianggap dapat membantu mengobati berbagai masalah kesehatan. 

Sehingga banyak orang yang membuat kunyit putih sebagai jamu agar bisa menikmati khasiat herbal tanaman ini. 

Berikut adalah resep sederhana untuk membuat jamu kunyit putih di rumah:

Resep Jamu Kunyit Putih

Bahan-bahan:

50 gram kunyit putih segar atau 1 sendok teh serbuk kunyit putih

1 liter air

Madu atau gula secukupnya untuk menambah rasa (opsional)

Perasan jeruk nipis (opsional)

Langkah: 

  1. Persiapan Kunyit Putih: Jika menggunakan kunyit putih segar, kupas dan cuci bersih kunyit putih. Kemudian iris atau parut kunyit putih secara halus. Jika menggunakan serbuk kunyit putih, Anda dapat langsung melanjutkan ke langkah berikutnya.
  2. Perebusan: Didihkan air dalam panci besar. Setelah air mendidih, tambahkan kunyit putih yang telah dipersiapkan ke dalam panci. Biarkan kunyit putih merebus dalam air selama sekitar 20-30 menit di atas api sedang.
  3. Penyaringan: Setelah merebus, angkat panci dari kompor dan biarkan larutan kunyit putih mendingin hingga suhu yang aman untuk disaring. Saring larutan kunyit putih menggunakan saringan atau kain bersih untuk memisahkan ampas kunyit.
  4. Penyajian: Tuangkan jamu kunyit putih yang telah disaring ke dalam gelas atau botol. Tambahkan madu atau gula secukupnya untuk menambahkan rasa manis sesuai selera Anda. Anda juga bisa menambahkan sedikit perasan jeruk nipis untuk memberikan aroma segar dan citarasa yang lebih menyegarkan.
  5. Penyimpanan: Sajikan jamu kunyit putih secara langsung atau simpan dalam wadah tertutup di dalam lemari es untuk disajikan dingin.

Catatan:

– Anda dapat menyesuaikan rasa dan konsistensi jamu sesuai dengan preferensi pribadi Anda dengan menambahkan lebih banyak atau lebih sedikit gula, madu, atau perasan jeruk nipis.

– Jamu kunyit putih dapat dinikmati setiap hari sebagai bagian dari rutinitas kesehatan Anda. Anda juga dapat mengonsumsinya saat perut kosong di pagi hari untuk manfaat yang maksimal.

Jamu kunyit putih ini tidak hanya menyegarkan, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa bagi tubuh Anda. Dengan mengikuti resep ini, Anda dapat membuat jamu kunyit putih sendiri di rumah dengan mudah dan menikmati manfaat kesehatannya.

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Leave a Reply