Cara Menaikkan Berat Badan Ideal Secara Efektif dan Sehat, Jangan Cuma Makan Karbo Aja! 

Cara Menaikkan Berat Badan Ideal Secara Efektif dan Sehat, Jangan Cuma Makan Karbo Aja! Ilustrasi cara menaikkan berat badan ideal dengan efektif 

LINGKARWILIS.COM – Banyak orang lebih fokus dengan penurunan berat badan ketimbang menaikkan berat badan.

Bagi mereka yang berjuang untuk menaikkan berat badan ideal atau meningkatkan massa otot ada cara dalam mencapai hal tersebut. 

Salah satu cara menaikkan berat badan yaitu dengan perencanaan nutrisi dan kebiasaan hidup yang tepat dapat menjadi kunci. 

Ada berbagai cara menaikkan berat badan ideal secara efektif dan sehat, yang bisa mendukung kesehatan tubuh dan keberhasilan tujuan berat badan.

Cara Menaikkan Berat Badan 

1 Evaluasi Kebutuhan Kalori

Langkah pertama dalah memahami kebutuhan kalori harian Anda. Kalkulasikan kebutuhan kalori basal Anda dan tambahkan kalori ekstra untuk mencapai surplus kalori, yang diperlukan untuk meningkatkan berat badan

2 Konsumsi Makanan yang Padat Nutrisi:

Fokus pada makanan yang padat nutrisi dan tinggi kalori. Pilih sumber protein, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks. Alpukat, kacang-kacangan, daging berlemak, dan ubi jalar adalah contoh makanan yang bisa membantu menambah kalori dan memberikan nutrisi penting.

3 Porsi Makan yang Lebih Besar

Perbesar porsi makan Anda untuk meningkatkan asupan kalori. Tambahkan porsi karbohidrat, protein, dan lemak pada setiap makan untuk membantu mencapai surplus kalori harian.

4 Perbanyak Frekuensi Makan

Makan lebih sering dalam sehari dapat membantu meningkatkan asupan kalori secara efektif. Sisipkan camilan sehat di antara waktu makan utama untuk mencapai target kalori harian.

5 Latihan Fisik yang Tepat

Latihan fisik dapat membantu meningkatkan bert badan dengan cara yang sehat. Pilih latihan yang menekankan pada pembentukan otot seperti angkat beban. Ini tidak hanya membantu menambah berat badan dari massa otot, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan yang optimal.

6 Konsumsi Suplemen

Jika diperlukan, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen nutrisi. Suplemen protein, gainer, atau minyak ikan mungkin membantu meningkatkan kalori dan nutrisi harian.

7 Perhatikan Kesehatan Diri

Penting untuk meningkatkan berat badan dengan cara yang sehat dan aman. Hindari mengandalkan makanan berkalori tinggi yang rendah nutrisi, minuman bersoda, atau makanan cepat saji. Pilih makanan sehat yang memberikan nutrisi penting bagi tubuh.

8 Konsultasikan dengan Ahli Gizi atau Dokter

Jika Anda memiliki kesulitan meningkatkan berat badan, konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter. Mereka dapat membantu merancang rencana nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan Anda.

Dengan memahami kebutuhan kalori, memilih makanan yang tepat, dan melibatkan aktivitas fisik yang sesuai, 

Anda dapat mencapai tujuan menaikkan berat badan dengan cara yang sehat. Konsistensi dan kesabaran dalam menjalankan perubahan gaya hidup ini akan menjadi kunci kesuksesan.

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Leave a Reply