Horee, Ribuan Siswa di Kota Blitar Dapat Seragam Gratis, Ini Informasinya

Ribuan Siswa di Kota Blitar Dapat Seragam Gratis, Ini InformasinyaAlwi Mashuri, Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kota Blitar
Blitar, LINGKARWILIS.COM – Ribuan siswa dari tingkat TK hingga SMP di Kota Blitar kembali menerima seragam secara cuma-cuma. Dana yang dialokasikan untuk ini bahkan mencapai angka Rp 2 miliar.
Informasi tersebut disampaikan oleh Jais Alwi Mashuri, Kepala Bidang Dasar, Dinas Pendidikan Kota Blitar. Dia mengakui bahwa seperti tahun-tahun sebelumnya, pihak dinas tetap mengalokasikan dana untuk seragam gratis, karena hal itu merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Kota Blitar di bidang pendidikan.

“Dana untuk seragam gratis telah disiapkan dalam APBD 2024. Program seragam gratis sudah menjadi bagian dari kegiatan rutin,” ujarnya Senin (04/3).

Baca juga : Jelang Ramadhan, Toko TPID di Kota Kediri Dipenuhi Pembeli, Mereka Sudah Antre Sebelum Toko Buka

Jais menjelaskan bahwa seragam gratis diberikan kepada siswa baru, dan mekanisme teknis pengadaan seragam masih sama seperti tahun sebelumnya.

Siswa menerima bahan seragam yang kemudian dijahit sendiri, hal ini dilakukan agar tidak ada keluhan terkait ukuran, mengingat adanya banyak keluhan pada tahun-tahun sebelumnya.

Namun, bagaimana dengan biaya jahit ? Alwi mengungkapkan bahwa siswa harus memikul biaya jahitnya sendiri. Setiap siswa akan diberikan dana untuk biaya jahitnya.

Seragam yang disediakan terdiri dari tiga jenis, yaitu seragam merah putih untuk SD, biru putih untuk SMP, dan seragam batik khas sekolah atau pramuka. Setiap siswa hanya akan menerima satu set seragam.

“Biaya jahit yang disediakan adalah Rp 90 ribu untuk pelajar TK, Rp 100 ribu untuk SD, dan Rp 110 ribu untuk SMP,” tambahnya.

Dia juga menegaskan bahwa soal lokasi penjahit sepenuhnya diserahkan kepada siswa. Tujuannya adalah untuk memberdayakan penjahit lokal di sekitar.

Namun, hingga saat ini, data mengenai jumlah penerima program masih dalam proses, mengingat proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) masih berlangsung.

“Yang pasti, siswa baru akan mendapatkan seragam baru,” tegasnya.***

Reporter : Abdul Aziz Wahyudi
Editor : Hadiyin

Leave a Reply