Iklan Loker di Australia Semakin Menurun Pada Bulan Juni, ANZ Keluarkan Data Resmi 

Iklan Loker di Australia Semakin Menurun Pada Bulan Juni, ANZ Keluarkan Data Resmi 
Ilustrasi iklan loker dj Australia menurun

LINGKARWILIS.COM – Data Australia and New Zealand (ANZ) Banking Group yang dirilis pada hari Senin menjelaskan iklan lowongan kerja di Australia mengalami penurunan untuk bulan kelima berturut-turut pada bulan Juni.

Penurunan iklan loker terjadi karena permintaan tenaga kerja menurun di tengah tingginya suku bunga dan perlambatan ekonomi.

banner 400x130

Berdasarkan data ANZ dan situs web loker Indeed, tercatat bahwa iklan lowongan kerja menurun sebesar 2,2% pada bulan Juni dibandingkan dengan bulan Mei, setelah mengalami penurunan sebesar 1,9% pada bulan sebelumnya. 

Untuk kuartal kedua, terjadi penurunan sebesar 7,1% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, sedangkan penurunan pada kuartal pertama sebesar 3,0%.

Secara tahunan, iklan lowongan kerja turun 17,6% dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya, meskipun tetap 17,8% lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat sebelum pandemi.

Madeline Dunk, ekonom ANZ, mengatakan bahwa laju penurunan iklan pekerjaan ANZ semakin meningkat. 

Data menunjukkan bahwa penurunan iklan lowongan kerja pada bulan Juni disebabkan oleh permintaan yang menurun untuk pekerja seperti petugas kebersihan, pekerja perdagangan, dan pekerja layanan makanan.

Pasar tenaga kerja yang melonggar menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan Bank Sentral Australia (RBA) untuk mempertahankan suku bunga tetap pada 4,35% selama lima pertemuan berturut-turut. 

Meskipun demikian, dengan adanya inflasi yang terus meningkat, pasar memperkirakan ada kemungkinan 65% bahwa RBA akan menaikkan suku bunga lagi pada bulan Agustus.

Laporan pekerjaan yang akan dirilis pada 18 Juli mendatang akan menjadi acuan penting untuk mengevaluasi kekuatan pasar tenaga kerja lebih lanjut.

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *