Jalan Raung Kota Blitar Dikembalikan Jadi Dua Arah, Ini Alasannya

Setahun Pemberlakuan Satu Arah, Jalan Raung Kota Blitar Dikembalikan Dua Arah, Ini Alasan DishubSetahun Pemberlakuan Satu Arah, Jalan Raung Kota Blitar Dikembalikan Dua Arah, Ini Alasan DishubJalan Raung Kota Blitar ketika diberlakukan 1 arah dulu. (Dok)

Blitar, LINGKARWILIS.COM – Hasil evaluasi penerapan jalur searah di Jalan Raung Kota Blitar sudah diputuskan.  Dinas perhubungan (dishub) akhirnya mengembalikan jalur tersebut menjadi dua arah.

Kepala Bidang Lalu lintas  Dishub Kota Blitar, Ardian Ari Kuncoro mengatakan pengembalian jalur menjadi dua arah karena berbagai pertimbangan. Salah satunya untuk mengurai kemacetan.

. “Ya mulai 23 Desember lalu, kami kembalikan. Semula searah kini dua arah,” katanya, Senin (01/1).

Dijelaskan berdasarkan evaluasi ternyata pemberlakuan satu arah itu memicu kemacetan. Banyak pengendara yang memilih parkir di kanan kiri jalan.

Bahkan kendaraan besar atau bus wisatawan di masjid Ar-rahman  kerap parkir di bahu jalan. Padahal sebenarnya sudah ada aturan atau regulasi jika bus parkir diarahkan ke pelataran Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan atau PIPP di Jalan M. Hatta.

 

“Kami akan sosialisasi terus  agar bus parkir di PIPP,” katanya.

Sementara itu, pengembalian aturan dua arah di Jalan Raung mendapat respon positif dari sejumlah pengendara. Pengendara mengaku lebih praktis.

“Kalau dulu harus putar  mengelilingi jalan di stadion. Kalau kini kan bisa bablas jika hendak ke Jalan Ciliwung atau Jalan Kali brantas,” kata Muradi, salah satu pengendara.

Pantauan di lapangan, selama pemberlakuan satu arah, memang kerap terjadi penumpukan parkir kendaraan. Pada akhir pekan,  banyak bus wisatawan yang parkir.

Parahnya ketika pulang sekolah. SMPN 7 Blitar yang berada di Jalan Raung kerap digunakan mangkal penjemput siswa.***

Reporter : Abdul Aziz Wahyudi
Editor : Hadiyin

Leave a Reply