Daerah  

Keluarga Soekarno Bakal Menghadiri Acara Haul ke-54 Bung Karno di Blitar, Ini Infonya

Haul Bung Karno Bakal Dihadiri Keluarga Soekarno, Ini Deretan Acara ayang Diikuti
Doa lintas agama pada tahun lalu yang digelar dalam rangka rangkaian Haul Bung Karno. (Aziz)
Blitar, LINGKARWILIS.COM – Rangkaian Bulan Bung Karno 2024 terus berlanjut dengan peringatan kelahiran Pancasila dan hari kelahiran Bung Karno yang sudah digelar, serta Haul Bung Karno yang akan segera dilaksanakan.
Haul Bung Karno atau Haul BK ini akan digelar selama dua hari berturut-turut pada tanggal 20 hingga 21 Juni. Puncak peringatan akan dipusatkan di Makam Bung Karno.

Wali Kota Blitar, Santoso, mengungkapkan bahwa Haul BK tahun ini merupakan yang ke-54 kalinya diadakan dan menjadi magnet tersendiri di Kota Blitar, terutama bagi para peziarah.

banner 400x130
Selain peziarah, sejumlah tokoh ternama dan keluarga presiden RI pertama tersebut juga biasanya hadir.
“Kami atas nama Pemkot Blitar telah menetapkan Haul BK sebagai puncak rangkaian Bulan Bung Karno,”ujarnya.

Santoso menyebutkan bahwa beberapa acara penyerta akan diadakan, dengan puncak acara digelar di Makam Bung Karno.

Acara penyerta termasuk doa lintas agama di kompleks makam yang terletak di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan.
Doa ini akan dilaksanakan oleh pemuka agama dari berbagai agama seperti Islam, Kristen, Katolik, Buddha, Hindu, hingga Khonghucu. Selain itu, akan ada tahlilan atau kenduri dan puncaknya adalah doa bersama di makam.

Keluarga Bung Karno biasanya hadir dalam acara ini. Pada tahun-tahun sebelumnya, tokoh-tokoh seperti Megawati Soekarnoputri dan Guruh Soekarnoputra hadir.

Informasi yang diterima Lingkarwilis.com menyebutkan bahwa Romy Soekarno, cucu Bung Karno yang sebelumnya mencalonkan diri sebagai anggota DPR-RI pada Februari lalu, telah mengkonfirmasi kehadirannya.

Haul BK di Kota Blitar selalu menarik perhatian tidak hanya karena kehadiran tokoh-tokoh ternama, tetapi juga karena kegiatan ini merupakan bagian penting dari upaya mengenang dan menghormati jasa-jasa Bung Karno, serta memperkuat semangat nasionalisme dan cinta tanah air di kalangan masyarakat.***

Reporter :  Aziz
Editor : Hadiyin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *