Kios dan Warung di Pantai Konang Trenggalek Rusak Diterjang Banjir Rob

Diterjang Banjir Rob, Kios dan Warung di Pantai Konang Trenggalek RusakKondisi dampak banjir rob di wilayah Pantai Konang Trenggalek (angga)
Trenggalek, LINGKARWILIS.COM – Wilayah Pantai Konang di Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek, dilanda banjir rob yang menyebabkan sejumlah kios atau warung warga di sekitar bibir pantai mengalami kerusakan.
Banjir rob ini terjadi sejak Selasa (12/3) sekitar pukul 08.00 WIB hingga Rabu (13/3) pagi, dengan puncaknya terjadi pada pukul 01.00 WIB.

“Pasang rob terjadi sejak kemarin siang dan puncaknya tadi malam,” ujar Pusdalops BPBD Trenggalek, Adi Muji Prasetyo.

Baca juga : Progres Pembangunan Tol Kediri -Tulungagung Masih Tahap Sosialisasi ke 2

Kondisi pasang rob menyebabkan kerusakan ringan pada sejumlah kios atau warung warga di sekitar pantai.

Meskipun demikian, kerusakan tersebut tidak tergolong parah atau menyebabkan ambruknya bangunan. Yang lebih dominan adalah sampah yang terbawa ke daratan oleh banjir rob.

Warga memilih untuk menutup warung mereka karena khawatir dengan gelombang laut yang semakin besar di pantai yang berada di wilayah Desa Nglebeng.

Namun, mereka juga berusaha menyelamatkan barang dagangan mereka yang rawan terbawa air laut.

Saat ini, air laut sudah mulai surut, dan warga sudah mulai beraktivitas membersihkan sampah yang terbawa ke daratan dan memperbaiki kerusakan warung. Tidak ada laporan mengenai korban jiwa dalam peristiwa ini.

Meskipun air laut sudah surut, warga pesisir tetap diminta untuk waspada terhadap kemungkinan gelombang ombak susulan yang lebih besar.

Potensi ini tetap ada karena cuaca ekstrem dapat menyebabkan banjir rob, yang merupakan peristiwa tahunan di Pantai Konang dan terjadi antara bulan Maret hingga Mei setiap tahunnya.***
Reporter : Angga Prasetya
Editor : Hadiyin

Leave a Reply