Mantul! Resep Tongkol Suwir Pedas, Hidangan Buka Puasa Simpel Tiada Tandingan 

Mantul! Resep Tongkol Suwir Pedas, Hidangan Buka Puasa Simpel Tiada Tandingan Ini resep tongkol suwir pedas untuk menu buka puasa simpel

LINGKARWILIS.COM – Tidak punya waktu banyak untuk memasak? Ini ada resep menu buka puasa simpel yang bisa disajikan di atas meja. 

Salah satu menu buka puasa simpel yaitu tongkol suwir pedas, yang dimasak dengan potongan bawang dan rempah-rempah lainnya. 

Bagi kamu pecinta pedas, tongkol suwir pedas makin nikmat lagi jika dihidangkan bersama sambal bawang atau sambal terasi. 

Membayangkannya saja bikin ngiler bukan? Ini resep tongkol suwir pedas, hidangan menu buka puasa , dilansir dari Instagram susie.agung. 

Resep Tongkol Suwir Pedas

Bahan:

400 gram ikan tongkol (bisa pakai pindang tongkol)

1 batang serai, memarkan

4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya

1 sdm air jeruk nipis

1/2 sdm gula merah

Secukupnya garam dan lada bubuk

Bumbu halus:

10 cabe merah keriting

2 cabe merah besar

8 cabe rawit (boleh skip kalau tidak suka pedas)

7 butir bawang merah

5 siung bawang putih

Seiris jahe

Seiris kunyit .

Cara membuat:

1 Kukus ikan tongkol, tunggu hingga dingin lalu suwir-suwir. Apabila memakai ikan pindang cukup dicuci bersih lalu di suwir dagingnya, sisihkan.

2 Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan serai dan daun jeruk, aduk sampai bumbu matang, tongkol suwir aduk rata.

3 Tambahkan garam, gula merah dan lada bubuk, aduk terus sampai bumbu meresap.  Masukkan air jeruk nipis, aduk rata, koreksi rasa bila sudah pas matikan api. Sajikan bersama nasi hangat. 

Itulah resep tongkol suwir pedas yang bisa menjadi inspirasi menu buka puasa simpel tapi  enak. Tertarik untuk membuatnya? Nantikan resep lainnya hanya disini. 

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Leave a Reply