Menelusuri Misteri Dibalik Gunung Kelud yang Masih Dipercaya Warga, Benarkah Ada Buaya Putih Penunggu Kawah? 

Menelusuri Misteri Dibalik Gunung Kelud yang Masih Dipercaya Warga, Benarkah Ada Buaya Putih Penunggu Kawah? Ilustrasi misteri dan mitos dibalik Gunung Kelud (iqbalxpangestu/Instagram)

LINGKARWILIS.COM – Dibalik keindahan Gunung Kelud terdapat beberapa mitos dan misteri yang sulit untuk dijelaskan secara logika.  

Terletak di perbatasan Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Gunung Kelud adalah jenis gunung berapi paling aktif di Indonesia. 

Warga Kediri dan sekitarnya pasti sudah tahu mengenai mitos dan misteri dibalik Gunung Kelud, selain itu mereka pasti juga tahu sudah berapa kali gunung ini meletus. 

Sekilas informasi saja, Gunung Kelud telah meletus lebih dari 30 kali sejak tahun 1000 Masehi, dengan letusan terakhir pada 13 Februari 2014. 

Empuk Lembut! Resep Pukis Jadul Anti Gagal, Cemilan Hangat yang Nikmat Disantap Saat Hujan

Gunung Kelud tidak hanya dikenal karena aktivitas letusnya tetapi juga  kisah-kisah legenda misterius yang berkembang di sekitar kawasan Kramat tersebut. 

Berikut ini beberapa misteri dibalik Gunung Kelud yang masih dipercaya penduduk sekitar dan diwariskan secara turun temurun. 

1 Buaya Putih Penunggu Kawah

Terdapat kisah misterius mengenai kemunculan dua buaya putih penunggu kawah, menurut cerita masyarakat setempat, kedua buaya tersebut kadang-kadang muncul. 

Mitos yang berkembang menyatakan bahwa kedua buaya putih tersebut dahulu adalah dua bidadari yang dikutuk menjadi buaya sebagai akibat dari perbuatan terlarang, yakni hubungan intim sesama jenis.

Legenda Panji Laras dan Panji Liris, Awal Mula Mitos Orang Lamongan Dilarang Menikah dengan Orang Kediri 

2 Kisah Kemurkaan Lembu Suro

Kisah cinta Dewi Kilisuci dengan dua raja makhluk halus, Lembu Suro dan Mahesa Suro, menjadi legenda di sekitar Kelud. 

Dewi Kilisuci mengadakan sayembara pembuatan sumur di puncak gunung, dan air sumur tersebut harus memiliki rasa manis dan asin. 

Setelah sumur selesai, prajurit Jenggolo menimbun Lembu Suro dan Mahesa Suro dengan tanah dan batu sebagai balasan, sehingga Lembu Suro mengucapkan sumpah serapah terhadap wilayah sekitar.

5 Rekomendasi Drama Korea Romantis Populer yang Cocok Isi Liburan Natal dan Tahun Baru 

3 Dampak Kelumpuhan di Jawa

 Akibat letusan eksplosif Kelud, terjadi kelumpuhan di Jawa, gunung ini mampu menghasilkan aliran lahar yang sangat besar dan berbahaya. 

Pada tahun 2014, letusan Gunung Kelud mencapai level 6 dengan status awas, menyebabkan kerusakan signifikan dan mengakibatkan kelumpuhan di beberapa kota, termasuk penutupan beberapa bandara.

Sinopsis 12.12: The Day, Film Korea Tentang Kudeta yang Ditonton 1.9 Juta Penonton Setelah Rilis

4 Kelahiran Negarawan yang Dilahirkan 

Terlepas dari kebetulan atau tidak, sejumlah negarawan terkemuka lahir pada saat yang bersamaan atau tidak lama setelah meletusnya Kelud. 

Contohnya adalah Hayam Wuruk, Raja Majapahit yang lahir pada tahun 1334 Masehi, dan Insinyur Soekarno, lahir dua minggu setelah meletusnya Gunung Kelud pada tahun 1901.

5 Drama Korea Romantis Terpopuler di Netflix yang Wajib Ditonton Saat Liburan Tahun Baru 2024

5 Tempat Keramat sebagai Penguburan Keris Mpu Gandring

Kelud juga dianggap sebagai tempat penguburan keris sakti Mpu Gandring. Keris ini terkenal karena membunuh para prajurit sakti, dan Hayam Wuruk dikatakan berhasil membersihkan aura jahatnya dengan menanamnya di kedalaman kawah Kelud.

Demikianlah beberapa mitos tanah sakti di sekitar Gunung Kelud yang diwariskan turun-temurun. dan masih dipercaya warga sekitar. 

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Leave a Reply