Pantesan! Ini 6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Badan Cepat Gemuk dan Diet Gagal 

Pantesan! Ini 6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Badan Cepat Gemuk dan Diet Gagal Ilustrasi kebiasaan buruk yang bikin gemuk

LINGKARWILIS.COM – Menjaga berat badan yang sehat adalah tujuan banyak orang, tetapi sering kali, kebiasaan BURUK sehari-hari tanpa disadari membuat badan gemuk. 

Salah satu kebiasan buruk orang gemuk yang paling terlihat adalah pola makanannya tidak dijaga seperti banyak mengonsumsi makanan cepat saji. 

Tidak hanya pola makan yang salah teteapi pola hidup yang berantakan juga bisa mempengaruhi penambahan berat badan berlebih. 

Supaya hal tersebut tidak terjadi, berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan badan cepat gemuk. 

Kebiasaan Buruk Badan Cepat Gemuk

1 Konsumsi Makanan Olahan dan Cepat Saji

Makanan olahan dan cepat saji seringkali tinggi kalori, lemak jenuh, gula tambahan, dan garam. Kebanyakan dari mereka juga rendah serat dan nutrisi penting lainnya. Konsumsi berlebihan makanan ini dapat menyebabkan penumpukan lemak tubuh.

2 Makan Berlebihan

Makan lebih dari yang dibutuhkan tubuh dapat menyebabkan asupan kalori berlebih. Kebanyakan orang cenderung makan lebih banyak saat makanan yang disajikan di depan mereka terlalu menggugah selera atau saat makan sambil melakukan kegiatan lain, seperti menonton TV.

3 Minum Minuman Bersoda dan Minuman Manis

Minuman bersoda dan minuman manis lainnya mengandung banyak gula tambahan dan kalori kosong. Konsumsi berlebihan minuman ini dapat meningkatkan risiko obesitas dan masalah kesehatan lainnya.

4 Kurang Aktifitas Fisik

Kurangnya aktivitas fisik atau gaya hidup yang kurang aktif dapat menyebabkan penumpukan lemak tubuh dan penurunan metabolisme. Rutinitas yang kurang bergerak meningkatkan risiko kelebihan berat badan dan masalah kesehatan terkait obesitas.

5 Tidur yang Kurang

Kurang tidur dapat memengaruhi metabolisme dan hormon yang mengatur rasa lapar dan kenyang. Kurang tidur juga dapat meningkatkan keinginan untuk makan makanan tinggi kalori dan karbohidrat.

6 Stres yang Berkepanjangan

Stres yang berkepanjangan dapat memengaruhi pola makan dan membuat seseorang cenderung untuk mencari kenyamanan dalam makanan tinggi lemak dan gula. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

7 Kurang Minum Air Putih

Kurang minum air putih dapat menyebabkan dehidrasi, yang sering kali disalahartikan sebagai rasa lapar. Orang-orang sering kali mencampurkan rasa haus dengan rasa lapar, yang dapat menyebabkan konsumsi kalori berlebihan.

8 Makan Terlalu Cepat

Makan terlalu cepat dapat menyebabkan konsumsi berlebihan, karena otak membutuhkan waktu untuk menerima sinyal kenyang. Ketika makan terlalu cepat, kita cenderung makan lebih banyak sebelum merasa kenyang.

Menghindari kebiasaan-kebiasaan yang memicu peningkatan berat badan sangat penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran. 

Dengan mengidentifikasi dan mengubah kebiasaan-kebiasaan tersebut, Anda dapat membantu mencegah penambahan berat badan yang tidak diinginkan dan mencapai tujuan kesehatan Anda.

Editor: Shaadinta Aulia Sanjaya

Leave a Reply