Pembukaan Bandara Dhoho Kediri Ditunda Lagi untuk Kesekian Kalinya

Pembukaan First Landing dan Bandara Dhoho Kediri kembali ditundaBupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana bersama rombongan saat tinjau Bandara Dhoho Kediri. (istimewa)
Kediri, LINGKARWILIS.COM – Pembukaan Bandara Dhoho Kediri dan First Landing yang awalnya direncanakan tanggal 15 Januari 2024 ternyata ditunda lagi untuk kesekian kalinya padahal antusiasme masyarakat sudah mencapai puncaknya.

Kemungkinan besar Bandara Dhoho Kediri baru akan beroperasi pada akhir Januari atau awal Februari 2024.

Sebelumnya, pihak Bandara Dhoho Kediri telah menjalankan simulasi penerbangan dengan mematuhi mekanisme dan prosedur sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sukadi, Asisten I Bidang Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Kediri, menjelaskan bahwa penundaan pembukaan bandara ini disebabkan oleh perluasan penyempurnaan sarana, prasarana, perlengkapan, dan kesiapan bandara untuk melayani penerbangan kelas internasional oleh SDHI dan Kemenhub.

“Keputusan penundaan pembukaan Bandara Dhoho Kediri berasal dari pengelola bandara dan Kemenhub RI. Kemungkinan masih diperlukan penyempurnaan dari berbagai aspek, terutama terkait pendaratan dan penerbangan pesawat berbadan kecil dan lebar,” ujar Sukadi pada hari Minggu, (14/01/2024).

Sukadi menekankan bahwa kebijakan pembukaan Bandara Dhoho Kediri akan ditentukan oleh SDHI dan Kemenhub RI, dan ia yakin penundaan ini dilakukan demi kebaikan dan keselamatan bersama.

Warga sekitar bandara diimbau untuk tidak melakukan aktivitas seperti menerbangkan layang-layang, balon udara, atau bermain laser demi menjaga keselamatan penerbangan.

“Ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dan keamanan penerbangan. Semoga Bandara Dhoho Kediri segera dapat beroperasi setelah melalui tahap verifikasi dan kalibrasi yang diperlukan,” pungkasnya.***

Reporter : Bakti Wijayanto
Editor : Hadiyin

Leave a Reply