Daerah  

Pj Wali Kota Kediri Zanariah Ajak Pegiat Literasi Kolaborasi Tingkatkan Gemar Baca Masyarakat

Pj Wali Kota Kediri Zanariah Ajak Pegiat Literasi Kolaborasi Tingkatkan Gemar Baca Masyarakat
Pj Wali Kota Kediri Zanariah Ajak Pegiat Literasi Kolaborasi Tingkatkan Gemar Baca Masyarakat (Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Kediri)

Kediri, LINGKARWILIS.COM – Pj Wali Kota Kediri Zanariah berdialog dengan pegiat literasi Kota Kediri. Dialog ini dibalut dalam acara Temu Akrab dengan Pegiat Literasi Kota Kediri, Senin (24/6). Acara dilaksanakan di Perpustakaan Daerah Kota Kediri.

“Senang sekali pada kesempatan hari ini saya dapat bertemu dengan generasi penerus Tan Koen Swie dan teman-teman pagiat literasi Kota Kediri.

banner 400x130

Saya sempat mencari tahu tentang sosok Tan Koen Swie ternyata beliau merupakan pioner pegiat literasi di Kota Kediri bahkan Indonesia,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Pj Wali Kota Kediri Zanariah mengajak pegiat literasi untuk berkolaborasi bersama Dinas Kearsipan dan Perpustakaan. Khususnya membuat program untuk meningkatkan literasi masyarakat.

Baca juga : Bawaslu Kediri Mantapkan Pengawasan Pemilukada 2024, Salah Satunya dengan Peningkatan Kapasitas Melalui Bimtek dan Rakor

Dimana saat ini, Indeks Tingkat Kegemaran Membaca Masyarakat Kota Kediri menempati peringkat 37 se-Jawa Timur. Tentu ini dibutuhkan kepedulian bersama untuk mendorong masyarakat semakin gemar membaca, sebagai pembuka gerbang Indonesia Emas 2045.

“Jadi kita butuh dukungan juga dari teman-teman pegiat literasi ini. Bapak Ibu bisa berikan ide untuk menggenjot minat baca masyarakat. Terlebih masyarakat bisa datang ke Perpustakaan Daerah ini,” ungkapnya.

Zanariah berharap Perpustakaan Daerah Kota Kediri bisa improve dari segi fasilitas, daya tampung, layanan offline maupun online. Selain itu Disarpus juga perlu semakin intens hadir di Ruang Terbuka Hijau.

Baca juga : Pelantikan Serentak Pantarlih di 46 Kelurahan Kota Kediri, Target Satu Juta Pemilih di Jatim untuk Pemilukada 2024

Ke depan masyarakat bisa memiliki kebiasaan baru datang ke taman untuk membaca buku. Lalu para pegiat literasi ini bisa membuat karya berupa buku. Khususnya buku-buku tentang Kota Kediri. Nantinya bisa menjadi koleksi di Perpustakaan Daerah.

“Bisa dibuat senyaman mungkin agar anak-anak muda mau datang untuk membaca. Nanti anak-anak sekolah juga bisa diajak untuk membaca di Perpustakaan Daerah. Jadwalnya bisa digilir antar sekolah satu dengan sekolah yang lainnya,” harapnya.

Dalam kegiatan ini, juga diserahkan KTA kepada Pj Wali Kota Kediri Zanariah. Serta dalam acara ini diisi penampilan menarik dari siswa berprestasi Kota Kediri.

Turut hadir, Kepala Disarpus Kota Kediri Eko Lukmono Hadi, Perwakilan Keluarga Tan Koen Swie, para pegiat literasi, dan tamu undangan lainnya.***

Editor : Hadiyin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *