Daerah  

Polsek Ngadiluwih Imbau Siswa Lebih Banyak Bersama Orang Tua Selama Liburan, Ini Alasannya

Awas! Selama liburan sekolah, anggota Polsek Ngadiluwih gencarkan patroli dinihari antisipasi balapan liar dan tawuran. (ist)
Awas! Selama liburan sekolah, anggota Polsek Ngadiluwih gencarkan patroli dinihari antisipasi balapan liar dan tawuran. (ist)

Kediri, LINGKARWILIS.COM – Untuk menghadapi meningkatnya aktivitas balap liar, geng motor, dan tawuran selama liburan sekolah, Polsek Ngadiluwih telah mengambil langkah proaktif dengan meningkatkan patroli pada sore dan dini hari.

Langkah ini diambil menyusul adanya banyak laporan dari masyarakat mengenai gangguan yang disebabkan oleh balapan liar. Kapolsek Ngadiluwih, AKP Agung Syaifudin melalui Aiptu Miko, Kanit Bhabinkamtibmas Polsek Ngadiluwih, menjelaskan bahwa patroli yang dilakukan oleh anggotanya bertujuan untuk mengurangi gangguan dan risiko kecelakaan yang disebabkan oleh balap liar.

banner 400x130

Masyarakat sering terganggu dengan suara motor yang kencang, terutama dari pemotor yang rata-rata adalah pelajar yang ngebut dengan motor yang tidak sesuai standar (protholan), tanpa plat nomor, helm, atau pelindung badan,” katanya, Senin (3/7/2024).

Baca juga : Pj Wali Kota Kediri Lantik 2 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan 16 Pejabat Fungsional Pemerintah Kota Kediri

Aktivitas balap liar, kata Aiptu MIko, tidak hanya mengganggu ketenangan masyarakat, tetapi juga berisiko tinggi menimbulkan kecelakaan yang dapat berakibat fatal. Selain itu, dalam banyak kasus, balap liar seringkali terkait dengan aktivitas perjudian, narkoba, dan konsumsi minuman keras.

Aiptu Miko juga menekankan pentingnya peran orang tua dalam memantau aktivitas anak-anak mereka. Dia berharap para orang tua bisa memastikan anak-anak mereka tidak keluar rumah pada malam hari tanpa tujuan yang jelas.

“Musim liburan sebaiknya dimanfaatkan untuk kegiatan yang positif dan produktif, seperti berkumpul bersama keluarga atau mengikuti aktivitas yang bermanfaat,” tambahnya.

Baca juga : Buruan !!  Menyambut Hari Jadi Kota Kediri dan HUT RI, PDAM Kota Kediri Beri Diskon Besar-besaran untuk Pelanggan Baru

Aiptu Miko mendorong kalangan orang tua untuk mengarahkan anak-anak agar terlibat dalam kegiatan yang positif selama liburan akan membantu mereka menghindari aktivitas yang berisiko dan tidak bermanfaat.

Berkumpul bersama keluarga dan berpartisipasi dalam kegiatan yang membangun dapat memberikan manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan terlibat dalam balap liar yang berisiko.

Upaya Polsek Ngadiluwih ini diharapkan dapat mengurangi aktivitas balap liar dan menjaga ketertiban serta keselamatan masyarakat selama liburan sekolah. Meningkatkan kesadaran dan keterlibatan orang tua juga menjadi kunci penting dalam menciptakan lingkungan yang lebih aman dan kondusif bagi generasi muda.***

Reporter : Wijayanto
Editor :  Hadiyin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *