Puluhan Botol Tinta Pemilu di Jombang Rusak dan Bocor, Ini Kata Ketua KPU

Cek Logistik, KPU Jombang Temukan 66 Botol Tinta Pemilu Bocor dan RusakSaat pengecekan tinta yang diterima KPU Jombang. (ist)
Jombang, LINGKARWILIS.COM – KPU Jombang menemukan sebanyak 66 botol tinta pemilu dari total 7.750 botol yang rusak dan bocor.
Abdul Wadud Burhan Abadi, Ketua KPU Jombang, menjelaskan KPU  Jombang menerima empat jenis logistik pemilu untuk tahun 2024.
Jenis logistik tersebut mencakup 15.432 bilik suara, 15.432 bantalan, dan alat coblos yang semuanya dalam kondisi baik. Selain itu, tinta pemilu sebanyak 7.750 botol juga telah diterima, namun ditemukan beberapa botol mengalami kerusakan.
Pembangunan RTH ALun-Alun Kota Kediri Tetap Dilanjutkan Meski Ada Ancaman Pemutusan Kontrak Kerja 

“Kami menemukan 66 botol tinta bocor dan rusak. Kami telah memberitahu penyedia untuk menggantinya,” ungkapnya pada Jumat (24/11).

Burhan menambahkan bahwa logistik lainnya juga sudah tiba di kantor KPU Jombang, termasuk kabel ties atau segel plastik sebanyak 100.308 pcs. Saat ini, proses sortir sedang dilakukan oleh petugas di gudang KPU Jombang.

“Kami melakukan pemeriksaan satu per satu pada segel plastik karena di kabupaten lain ditemukan ketidaklengkapannya. Oleh karena itu, kami memeriksa setiap isinya, dan jika ada kekurangan atau rusak, kami akan menggantinya dengan penyedia,” tambahnya.

Untuk logistik lainnya, seperti surat suara, yang memiliki wewenang pengadaannya di KPU Kabupaten Jombang, Burhan menjelaskan bahwa wewenang tersebut berada di KPU RI dan KPU provinsi sesuai dengan juknis. KPU Jombang akan terus memonitor produksi surat suara untuk memastikan sesuai dengan ketentuan juknis pengelolaan logistik pemilu 2024.

“Dengan demikian, kami masih menunggu proses produksi logistik lainnya dan akan memantau proses produksinya untuk memastikan sesuai dengan prinsip tepat jumlah, tepat jenis, tepat sasaran, tepat waktu, tepat kualitas, dan efisien,” tandasnya.

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilu tahun 2024 di KPU Jombang telah ditetapkan sebanyak 1.011.402 pemilih, dengan rincian 506.944 pemilih laki-laki dan 504.458 pemilih perempuan. Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 3.858.***

Reporter : Taufiqur Rachman / Agung Pamungkas
Editor : Hadiyin

Leave a Reply