Flu Singapura Sudah Menyerang Madura dan Surabaya, Dinkes Kabupaten Kediri Imbau Warga Waspada

Warga Jatim Terpapar Flu Singapura, Ini Imbauan Dinkes KediriKadinkes Kabupaten Kediri (bakti)
Kediri, LINGKARWILIS.COM – Flu Singapura  yang rentan menyerang anak-anak dikabarkan sudah diderita warga di wilayah di  Surabaya dan Pamekasan Madura sehingga menjadi perhatian serius Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kediri.
Kepala Dinkes Kabupaten Kediri dr Ahmad Khatib menegaskan bahwa di Kabupaten Kediri tidak ada laporan warga yang terpapar Flu Singapura.

“Adapun gejalanya banyak sekali seperti demam, sariawan di mulut,gusi dan lidah,tidak nafsu makan, sakit perut dan batuk, nyeri telan karena sakit tenggorokan, bintik merah disertai lepuh di tangan,kaki dan bokong. Jika ini terjadi pada anggota keluarga lekas ke dokter untuk periksa,” jelasnya, kemarin.

Khatib menambahkan, hal ini jangan anggap remeh karena penularan flu singapura terbilang cepat. Biasanya menyerang pada anak usia 4 hingga 10 tahun.
“Jika ada anak rewel dan gelisah. Karenanya cepat periksa ke dokter untuk cegah awal,” pesannya.

“Flu ini penularannya melalui bersin dari yang terpapar flu ini bisa menular ke orang lain kemudian menyentuh benda yang terkena virus,” imbuhnya.

 Baca juga : Dua Napi Teroris di Lapas Kediri Bebas Bersyarat

Dijelaskan Khatib, pola hidup bersih (PHBS) harus diterapkan sejak dini dan jangan menganggap enteng gejala sakit jenis apapun.

” ke dokter dan puskesmas terdekat adalah hal yang terbaik untuk kesehatan diri sendiri dan keluarga,” pungkasnya.***

Reporter : Bakti Wijayanto
Editor : Hadiyin

Leave a Reply