Inspirasi Olahan Daging Sapi Kurban yang Disuka Anak dan Suami, Enaknya Bistik Daging Sapi 

Inspirasi Olahan Daging Sapi Kurban yang Disuka Anak dan Suami, Enaknya Bistik Daging Sapi 
Bistik daging olahan daging sapi kurban

LINGKARWILIS.COM – Bingung mau buat daging sapi kurban apa yang enak dan spesial? Resep bistik daging sapi bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Sebenarnya, ada banyak sekali inspirasi olahan daging sapi kurban yang bisa kamu buat sendiri di rumah selain bakso dan soto sapi

banner 400x130

Pengolahan daging sapi kurban sangatlah mudah ketimbang daging kambing,.kita tidak perlu takut daging menjadi alot ataupun bau prengus. 

Bistik daging sapi diracik dengan bumbu yang kaya akan rempah-rempah, sehingga membuatnya jauh dari bau amis dan cita rasa dagingnya terasa begitu nikmat.

Dari pada penasaran, yuk olah daging sapi kurban yang kamu dapat dari masjid menjadi bistik daging sapi, olahan makanan khas Indonesia.

Ide Olahan Daging Sapi Kurban Mewah Tapi Gampang, Resep Beef Teriyaki Ala Willgoz Bikin Ketagihan 

Resep Bistik Daging Sapi

Bahan-bahan 

500 gram daging sapi

1 batang sereh

3 buah tomat merah

2 lembar daun salam

Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu

Air secukupnya untuk merebus daging

1/2 sdm garam

1 sdm gula merah

5 sdm kecap manis

1/2 sdt lada bubuk

1/2 sdt kaldu bubuk

Bawang merah goreng untuk taburan

300 ml santan kental segar

Bumbu yang dihaluskan:

1 cm pala

3 butir kapulaga putih

2 butir cengkeh

1 sdt lada butiran

3 butir kemiri sangrai

2 cm jahe

3 cm lengkuas

9 siung bawang putih ukuran kecil

10 siung bawang merah

Langkah: 

  1.  Haluskan pala, kapulaga putih, cengkeh, lada butiran, kemiri yang sudah disangrai, jahe, lengkuas, bawang putih, dan bawang merah hingga halus. (Ini adalah kunci dasar bumbu yang kaya rasa).
  2. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu halus bersama dengan cengkeh, kapulaga, dan pala hingga harum dan berwarna kecoklatan. Tambahkan sereh dan daun salam untuk aroma yang lebih mendalam.
  3. Masukkan potongan daging sapi ke dalam tumisan bumbu. Aduk hingga daging berubah warna dan bumbu meresap sampai ke daging.
  4. Tuangkan air secukupnya ke dalam wajan, pastikan daging terendam. Tambahkan garam, gula merah, dan kecap manis. Rebus dengan api kecil hingga daging empuk dan kuah mulai mengental.
  5. Setelah daging empuk, tambahkan santan kental. Aduk rata dan biarkan mendidih sebentar supaya bumbu meresap ke dalam daging dengan sempurna.
  6. Jika rasa kurang pas, bisa tambahkan lada bubuk dan kecap manis. Masak sebentar hingga mendapatkan tekstur kuah yang kental dan daging yang empuk.
  7. Angkat bistik daging sapi dan sajikan. Taburi dengan bawang merah goreng dan potongan cabe merah untuk tambahan tekstur dan cita rasa yang menarik.

Resep daging sapi diatas, bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Jika ingin tekstur daging lebih empuk masak hingga 30 menit supaya daging tidak alot. Cukup mudah bukan resep yang dibagikan, keluarga pun pasyi suka. 

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *