Daerah  

Kamu Punya Motor 250 cc ? Harus Mengurus SIM C1, Bisa Diperoleh di Satlantas Polres Kediri Kota Kota

Kamu Punya Motor 250 cc ? Harus Mengurus SIM C1, Bisa Diperoleh di Satlantas Polres Kediri Kota Kota
salah satu pemohon SIM saat melakukan uji praktek lintasan di Mako Satlantas Polres Kediri Kota (rizky)

Kediri, LINGKARWILIS.COM – Pemilik sepeda motor roda dua dengan kapasitas silinder 250 cc hingga 500 cc bakal diwajibkan memiliki SIM C1 sebagai salah satu kelengkapan berkendara. Kebijakan tersebut telah diberlakukan secara resmi oleh Korlantas Polri.

Sejauh ini, Satlantas Polres Kediri Kota telah menindaklanjuti instruksi tersebut. Namun, pemberlakuan SIM C1 hingga saat ini masih belum diterapkan karena tahapan yang dilakukan Polda Jatim dan polres jajaran masih berupa sosialisasi kepada masyarakat.

banner 400x130

“SIM C1 sementara ini masih proses sosialisasi, Polda Jatim dan seluruh polres jajaran juga belum menerapkan,” ujar Kasat Lantas Polres Kediri Kota, AKP Andhini Puspa Nugraha, Jumat (21/6/2024).

Baca juga : Pj Wali Kota Kediri Zanariah Ajak Karang Taruna  Sosialisasikan Gempur Rokok Ilegal

Andhini menjelaskan bahwa sesuai peraturan dan informasi dari Korlantas Polri, masih ada beberapa polda tertentu di Indonesia yang ditunjuk karena kelengkapannya pada lintasan untuk praktek Surat Izin Mengemudi (SIM).

Dia menyebut ada sekitar lima polda yang ditunjuk, dan Polda Jatim masih dalam tahap sosialisasi terkait persyaratan seperti ujian teori hingga praktiknya.

“Kemarin Tim dari Ditlantas Polda Jatim sudah melakukan pengecekan kesiapan lintasan uji SIM C1 di mako kami apakah sudah memenuhi syarat ujian atau tidak,” jelasnya.

Baca juga : Jamaah Haji Asal Kabupaten Kediri Dijadwalkan Pulang Pertengahan Juli, Ini Infonya

Andhini menilai proses pembuatan SIM C1 masih sama dengan SIM C pada umumnya, hanya saja yang memiliki perbedaan adalah pada lintasan untuk praktik. Mengenai kendaraan 250 cc – 500 cc di wilayah hukum Polres Kediri Kota, Andhini mengaku jumlahnya tidak banyak, sekitar 5 persen hingga 10 persen.

Meski begitu, pemilik kendaraan tersebut masih diperbolehkan memiliki SIM C sembari menunggu instruksi dari Polda Jatim terkait pemberlakuan SIM C1.
“Kami masih menunggu informasi Tim Supervisi Polda Jatim masing-masing satpas polres mana yang memenuhi kriteria itu (uji praktek SIM C1),” ungkap Kasat Lantas Polres Kediri Kota.***

Reporter : Rizky Rusdiyanto
Editor : Hadiyin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *