Daerah  

Kejaksaan Negeri Ponorogo Musnahkan Puluhan Ribu Butir Narkoba, Ini Infonya

Kejaksaan Negeri Ponorogo Musnahkan Ribuan Barang Bukti Tindak Kejahatan, Ini Yang Terbanyak
Kapolres Ponorogo dan Kajari Ponorogo memusnahkan barang bukti yang telah inkrah (Sony)
LINGKARWILIS.COM – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Ponorogo melakukan pemusnahan ribuan barang bukti dari berbagai tindak pidana yang telah memiliki kekuatan hukum tetap (inkrah).
Pemusnahan ini dilakukan di halaman kantor Kejari Ponorogo dan dihadiri oleh Kapolres Ponorogo, perwakilan dari Pengadilan Negeri (PN), Dinas Kesehatan (Dinkes), serta sejumlah organisasi masyarakat (ormas).

Kasi Barang Bukti Kejari Ponorogo, Erfandi Kurnia Rahmat, menjelaskan bahwa pemusnahan barang bukti ini mencakup tindak pidana yang terjadi dari Oktober 2023 hingga Mei 2024. Total ada 39 perkara yang disertakan dalam pemusnahan barang bukti periode ini.

Baca juga : Jamaah Haji Kabupaten Kediri Dijadwalkan Berangkat Jumat Pagi, Dinkes Ingatkan Cuaca Panas Ekstrem

banner 400x130
Barang bukti yang dimusnahkan meliputi 23.813 butir pil koplo berbagai merek dan jenis, 5,83 gram sabu-sabu, dan 2,98 gram ganja, yang semuanya terkait dengan 25 perkara narkotika dan psikotropika.

“Untuk psikotropika dan narkoba, kita musnahkan dengan cara diblender,” jelas Erfandi. Selain itu, pemusnahan juga mencakup barang bukti dari tiga perkara tindak pidana pencurian, penipuan, dan penggelapan; tiga perkara tindak pidana perjudian; serta tiga perkara tindak pidana kekerasan, asusila, dan pencabulan.

Erfandi menegaskan bahwa pemusnahan dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Kepala Kejari Ponorogo, Rindang Onasis, berharap bahwa pemusnahan barang bukti ini dapat menjadi pelajaran bagi masyarakat untuk menjauhi segala bentuk perbuatan yang melanggar hukum.

Ia mengimbau masyarakat agar menjauhi perjudian, narkoba, kekerasan, serta perbuatan melanggar hukum lainnya, dan untuk lebih menyayangi keluarga serta sesama.

Dengan tindakan ini, diharapkan dapat memberikan efek jera dan kesadaran kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga diri dan keluarga dari berbagai tindakan yang melanggar hukum.***

Reporter : Sony Dwi Prastyo
Editor : Hadiyin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *