Lapas Kelas IIA Kediri Gelar Posyandu Lansia, Tingkatkan Layanan Kesehatan untuk WBP Lanjut Usia

Lapas Kelas II A Kediri Gelar Posyandu Lansia, Tingkatkan Layanan Kesehatan untuk WBP Lanjut Usia Lapas Kelas II A Kediri Gelar Posyandu Lansia, Tingkatkan Layanan Kesehatan untuk WBP Lanjut Usia (bidu)
Kediri, LINGKARWILIS.COM – Dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) lanjut usia, Lapas Kelas IIA Kediri menggelar Posyandu Lansia melalui Klinik Pratama, dipimpin oleh drg. Erma Etika, dokter gigi Lapas Kediri, bersama dengan tim tenaga kesehatan lainnya, Rabu (22/5/2024).

Posyandu Lansia ini dirancang untuk memberikan layanan kesehatan yang spesifik dan terfokus bagi WBP senior. Layanan yang disediakan meliputi pemeriksaan kesehatan rutin, konsultasi medis, serta penyuluhan tentang kesehatan dan gaya hidup sehat bagi lansia.

Drg. Erma Etika menjelaskan bahwa program ini merupakan bagian dari komitmen Lapas Kelas II A Kediri untuk menyediakan pelayanan holistik bagi WBP.

“Kesehatan lansia memerlukan perhatian khusus karena kebutuhan mereka berbeda dengan WBP lainnya. Melalui Posyandu Lansia, kami berupaya memberikan perawatan yang lebih baik dan mendukung kesejahteraan mereka di dalam lapas,” ujarnya.
Baca juga : Kemendagri Apresiasi Kinerja Triwulan II Pj Wali Kota Kediri Zanariah

Plt Kalapas Kelas II A Kediri, Budi Ruswanto, menambahkan bahwa kegiatan ini juga mencakup penyuluhan tentang pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental bagi lansia.

“Kami menyampaikan berbagai informasi mengenai pola makan sehat, olahraga yang tepat, serta upaya pencegahan penyakit umum pada usia lanjut kepada para WBP,” kata Budi.

Sesuai dengan arahan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Heni Yuwono, diharapkan kegiatan ini dapat diadakan secara rutin.

Baca juga : Stan Kuliner Pemkot Kediri Diserbu Turis Mancanegara di Gelaran WWF Ke-10 di  Bali

“Kami berharap program ini memberikan dampak positif yang signifikan bagi kesejahteraan dan kualitas hidup para lansia di dalam sistem pemasyarakatan,” jelas Heni.

Dengan adanya Posyandu Lansia, menunjukkan komitmen dalam menyediakan layanan kesehatan yang menyeluruh dan berkualitas bagi seluruh WBP, khususnya mereka yang sudah lanjut usia.***
Reporter : Agus Sulistyo Budi
Editor : Hadiyin

Leave a Reply