Sertifikat Program PTSL Dibagikan, Ratusan Warga Desa Puhrubuh Kecamatan Semen Gembira Ria

Sertifikat PTSL dibagikan, Ratusan warga desa puhrubuh gembiraSalah satu penerima sertifikat PTSl Desa Puhrubuh kecamatan Semen

Kediri, LINGKARWILIS.COM – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kediri dan Pemerintah Desa Puhrubuh Kecamatan Semen Kabupaten Kediri menyerahkan sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada ratusan warga Desa Puhrubuh, Selasa (16/01/2024).

Penyerahan sertifikat tersebut berlangsung di Balai Desa Puhrubuh, dihadiri oleh perwakilan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kediri, pemerintah desa  dan Pokmas PTSL desa setempat.

Imam Ashari, Ketua Pokmas PTSL Desa Puhrubuh  menuturkan, pembagian sertifikat program PTSL di Desa Puhrubuh kali ini adalah periode yang ke empat dengan jumlah yang dibagikan 147 sertifikat dari pemohon sertifikat pada 2023 lalu. Sebelumnya sudah diserahkan sertifikat program PTSL secara bertahap.
“Tahap pertama 629 sertifikat diserahkan pada akhir Juni 2023, tahap ke 2 sebanyak 616 sertifikat bulan Juli 2023 dan Oktober 2023 periode ke 3 sebanyak 476 sertifikat sehingga ditambah dengan yang ke 4 sebanyak 147 maka total yang sudah diberikan adalah 1867 dari jumlah total 1985 sertifikat,” rincinya.
Imam Ashari menambahkan, saat ini di Desa Puhrubuh terdapat sisa 118 sertifikat yang masih dalam proses penerbitan sedangkan kapan waktu penyerahannya tergantung pada BPN.
“Ya untuk kekurangannya kami menunggu dari BPN, kami sadar diri bahwa tugas BPN sangat banyak dengan SDM yang terbatas, tetapi semoga dalam waktu dekat dan segera,” harapnya.
Imam Ashari juga mengimbau warga yang belum menerima sertifikat program PTSL untuk bersabar mengingat jumlah sertifikat yang diproses BPN se-kabupaten Kediri jumlahnya sangat banyak.
“Tugas Pokmas sudah rampung dan tinggal menunggu proses penerbitan untuk sisanya. Ini adalah program pemerintah  ya kita tunggu saja,” ujarnya.
Sementara itu Karomah seorang janda warga RT  01  RW 04 Dusun Petuk Desa Puhrubuh mengaku sangat senang menerima sertifikat. Ia sudah lama mendambakan sertifikat tanah miliknya sejak suaminya masih hidup.
“Alhamdulillah, wes ayem oleh sertifikat, matur nuwun pak kades matur nuwun sedoyo,” ujarnya dalam bahasa Jawa dengan wajah gembira ria.
Sementara itu, pembagian sertifikat di Desa Puhrubuh Kecamatan Semen berjalan lancar dan aman dengan dukungan aparat Polsek Semen, Koramil Semen dan petugas keamanan setempat.***
Reporter : Agus Sulistyo Budi
Editor : Hadiyin

Leave a Reply