Viral Fenomena Alam di Langit Jember Hebohkan Warga Sekitar, Mirip Kapal Flying Dutchman Spongebob

Viral Fenomena Alam di Langit Jember Hebohkan Warga Sekitar, Mirip Kapal Flying Dutchman SpongebobFenomena alam di langit Jember

LINGKARWILIS.COM –  Media sosial dihebohkan dengan fenomena di langit Jember yang tidak seperti biasanya, dalam video yang beredar langit dipenuhi dengan gumpalan awan kecil lalu di tengahnya membentuk sebuah lubang.  

Menurut Forecaster BMKG Banyuwangi Pos Meteorologi Jember fenomena alam yang terjadi di langit Jember disebut dengan awan vacum atau dikenal dengan sebutan istilah awan celah melingkar, awan lubang jatuh dan awan lubang-lubang. 

Menurutnya celah awan yang seperti itu paling sering ditemukan di lapisan awan altocumulus yang diikuti oleh cirrocumulus dan kemudian stratocumulus. 

Apabila dilihat awan tersebut lebih tampak di lapisan alcotocumulus atau awan menengah yang terbentuk, ketika pesawat terbang melalui lapisan awan kumuliform yang tipis dan memicu glasial. 

Ini 8 Cara Menaikkan Emosi Burung Murai Batu yang Wajib Diketahui Pemula! 

Glasial akan membuat partikel awan yang mengubah dari tetesan air menjadi partikel es sehingga menimbulkan efek domino.

Dari efek domino itulah awan menciptakan celah di awan dan terkadang melengkung karena kecepatan angin yang berbeda di ketinggian yang berbeda. 

Dari fenomena alam yang diunggah akun undercover.id di Instagram, banyak netizen berkomentar fenomena tersebut seperti kapal flying dutchman yang ada di kartun Spongebob. 

“Itu kayak kejadian kapal flying dutchman datang tiba ke bikini bottom.” 

“Kalau sering nonton Spongebob Squarepants pasti paham 😂 bentar lagi Dateng tuan crab…”

“Itu kapal bajak laut kak yg di Spongebob”

“Itu kapal nya flying dutchmen”

BMKG juga menjelaskan awan vacum dibagi menjadi tiga jenis diantaranya Cirrocomulus Cavum, Altocomulus Cavum, dan Stratocomulus Cavum. 

Editor: Shadinta Aulia Sanjaya

Leave a Reply