Tujuan Pembangunan IKN untuk Menciptakan Pemerataan Ekonomi, Ini Kata Presiden Jokowi

Presiden Jokowi Tegaskan Pembangunan IKN Ciptakan Titik Pertumbuhan Ekonomi Baru Read more: https://setkab.go.id/presiden-jokowi-tegaskan-pembangunan-ikn-ciptakan-titik-pertumbuhan-ekonomi-baruPresiden Jokowi menghadiri acara Gerakan Tanam Pohon Bersama di Hutan JIEP Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu (29/11/2023). (Foto: Humas Setkab/Agung)
Jakarta, LINGKARWILIS.COM – Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) memiliki tujuan utama untuk menciptakan pemerataan ekonomi dan merangsang pertumbuhan ekonomi di lokasi-lokasi baru.
Pernyataan tersebut disampaikan Presiden kepada awak media setelah melakukan penanaman pohon bersama di Hutan Kota JIEP, Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta, Rabu, (29/11/2023).

Presiden menyatakan bahwa fokus utama proyek ini adalah mencapai pemerataan ekonomi dan penduduk, serta mengembangkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru.

Meskipun menyadari bahwa hal ini bukanlah pencapaian yang dapat terwujud dalam waktu singkat, Presiden Jokowi yakin bahwa pembangunan IKN akan memberikan dampak positif dalam jangka panjang.

Dalam konteks ini, Presiden kembali menyoroti fakta bahwa sekitar 58 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi Indonesia berpusat di Pulau Jawa.

Oleh karena itu, melalui pembangunan IKN, Presiden berharap dapat merangsang pertumbuhan ekonomi di luar Pulau Jawa dan menciptakan titik pertumbuhan baru di seluruh kepulauan Indonesia.

“Dari 17 ribu pulau yang kita miliki, 58 persen PDB berada di Pulau Jawa, sehingga kita ingin bersifat Indonesiasentris. Kami berharap ada pertumbuhan ekonomi di pulau lain, dan diharapkan akan ada titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di pulau-pulau selain Jawa,” jelas Presiden, seperti dilansir laman resmi @presidenri.id.***

Editor : Hadiyin

Leave a Reply