Menteri PANRB Tekankan Pentingnya Digitalisasi dalam Pelayanan Masyarakat

Menteri PANRB Dorong Digitalisasi dalam Birokrasi Read more: https://setkab.go.id/hut-ke-52-korpri-menteri-panrb-dorong-digitalisasi-dalam-birokrasiPeringatan HUT ke-52 Korpri, di Jakarta International Velodrome, Jakarta, Rabu (29/11/2023). (Foto: Humas Kementerian PANRB)

Jakarta, LINGKARWILIS.COM – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, menyoroti pentingnya digitalisasi sebagai sarana untuk meningkatkan efisiensi pelayanan kepada masyarakat.

Pernyataan tersebut disampaikannya dalam acara Peringatan HUT ke-52 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di Jakarta International Velodrome, Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Anas menekankan bahwa aparatur sipil negara (ASN) sebagai mesin birokrasi harus dapat mengatasi berbagai masalah dengan pendekatan yang terkini.

Dukungan Bos Twitter di Perang Israel Palestina

“Penyelesaian masalah saat ini tidak boleh dilakukan dengan mengandalkan pendekatan dari masa lalu, dan digitalisasi dalam layanan pemerintahan menjadi suatu keharusan,” ujarnya seperti dilansir laman resmi Setkab.go.id.

Perubahan pesat saat ini, menurut Anas, disebabkan oleh perkembangan teknologi dan perubahan harapan masyarakat terhadap pemerintah yang terus meningkat.

Oleh karena itu, Anas berharap Korpri dapat menjawab tantangan tersebut dengan memperkuat kompetensi digital dan budaya digital pada seluruh ASN.

Megawati Kritik Penguasa, Kenapa Yang Baru Berkuasa Mau Bertindak Seperti Orde Baru?

Selain itu, Korpri diharapkan mampu membentuk layanan digital pemerintah yang terpadu dengan memprioritaskan kebutuhan masyarakat.

Sebagai mesin birokrasi, kinerja ASN dianggap sangat menentukan kinerja pemerintah secara keseluruhan. Anas menegaskan bahwa kondisi birokrasi harus selalu dalam keadaan prima agar dapat memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

Untuk mencapai kondisi prima tersebut, Anas menyebut bahwa diperlukan ekosistem yang baik, mulai dari aspek ideologi, budaya kerja, tata kelola kinerja, hingga kesejahteraan.

Anas menutup sambutannya dengan menegaskan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai pentingnya reformasi birokrasi yang berdampak langsung pada masyarakat.

Presiden meminta agar semua pihak bergerak untuk memberikan dampak yang nyata dirasakan oleh rakyat.

Acara “Korprikan Indonesia” ini juga mencakup penyerahan penghargaan Korpri Award 2023 dalam berbagai kategori, penyerahan hadiah Pekan Olahraga Nasional XVI Korpri 2023, dan penyerahan penghargaan kepada Duta Korpri Masa Bakti 2023-2024. Emmanuel Ariananto Waluyo, pegawai Sekretariat Kabinet yang merupakan Duta Korpri dari Kementerian Sekretariat Negara, turut hadir dalam acara tersebut.***

Editor : Hadiyin

Leave a Reply