Anda Seorang Dai dan Siap Berdakwah ? Ada Kesempatan, Kemenag Rekrutmen 500 Dai untuk Wilayah 3T, Ini Kriterianya

Kemenag Rekrutmen 500 Dai untuk Wilayah 3TDirektur Penerangan Agama Islam, Ahmad Zayadi

Jakarta, LINGKARWILIS.COM – Kementerian Agama membuka rekrutmen 500 dai atau pendakwah untuk dikirimkan ke wilayah yang masuk kategori 3T yakni Tertinggal, Terdepan\ dan Terluar pada Ramadan 1445 H/2024 M ini.

“Kami membuka kesempatan kepada 500 penceramah untuk menyampaikan pesan-pesan keagamaan di wilayah 3T pada Ramadan 1445 Hijriah,” kata Direktur Penerangan Agama Islam, Ahmad Zayadi, di Jakarta, Jumat (12/1/2024), seperti dilansir laman resmi Kemenag RI.

Menurut Zayadi, pengiriman dai bertujuan memberi pelayanan keagamaan yang merata di kawasan 3T.
“Selama 2 tahun terakhir, kita rutin mengirim dai ke wilayah 3T yang manfaatnya dapat langsung dirasakan masyarakat, termasuk pemberantasan buta aksara Al-Qur’an dan pemahaman aspek akidah dan syariat. Karenanya, ini bagian dari upaya Kemenag untuk menyapa masyarakat di wilayah 3T,” ujarnya.

Baca juga : Jalan Dhoho Kota Kediri Sering Macet, Ini Tiga Penyebab Hasil Evaluasi Dishub Kota Kediri 

Kapan jadwal perekrutannya ?  Mulai 10 hingga 31 Januari 2024. Ada dua tahap seleksi, yaitu: pengumpulan berkas dan wawancara. Untuk mendaftar, calon Dai 3T dapat mengisi formulir melalui http://bit.ly/FormDaiWilayah3T2024.

Para dai yang terpilih dan dikirim ke wilayah 3T selama Ramadhan, kata Zayadi, akan mendapatkan insentif, transportasi, akomodasi, dan sertifikat.
“Penugasan direncanakan berlangsung pada 1 sampai 31 Maret 2024. Kami berharap, para dai dapat meningkatkan kualitas kehidupan beragama di wilayah yang membutuhkan,” tegasnya.

Berikut kriteria yang harus dimiliki calon Dai 3T:
* Pria dengan usia 25-40 tahun.
* Mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan hafal minimal 2 Juz.
* Memahami kitab Turats/Kitab Kuning.
* Bersedia ditempatkan di daerah pilihan.
* Memiliki sertifikat Bimtek Penceramah Agama Islam yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama, atau sertifikat Standarisasi Dai MUI dan Ormas Islam lainnya.

Bagi anda yang memenuhi kriteria, manfaatkan kesempatan baik ini, tentu dengan niat berdakwah dan menyebarkan ilmu serta kebaikan.***

Editor : Hadiyin

Leave a Reply