BUMN Sediakan Hadiah Rp 50 Juta untuk Kompetisi Jurnalistik UKW

Kompetisi Jurnalistik UKW PWI-BUMN Rebutkan Hadiah Rp 50 JutaKompetisi Jurnalistik UKW PWI-BUMN Rebutkan Hadiah Rp 50 Juta

LINGKARWILIS.COM – Peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bersama Kementerian Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) memiliki kesempatan untuk mengikuti lomba kompetisi jurnalistik dengan total hadiah sebesar Rp 50 juta.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch Bangun, yang didampingi Sekjen PWI Pusat, Sayid Iskandarsyah. Kompetisi jurnalistik ini khusus diadakan untuk peserta yang mengikuti UKW PWI-BUMN dan dilaksanakan secara serentak di tiga daerah, yaitu Manado (PWI Sulawesi Utara), Kupang (PWI Nusa Tenggara Timur), dan Banda Aceh (PWI Provinsi Aceh), serta berlanjut ke seluruh PWI di Indonesia, termasuk PWI Surakarta.

“aspek teknis terkait pelaksanaan UKW menjadi tanggung jawab Direktorat UKW PWI Pusat. Seluruh Ketua PWI Provinsi telah diinformasikan mengenai hal ini,” katanya, Jumat (29/12/2023).

Baca juga : Laga Persedikab vs Persik Kediri Jadi Pertandingan Pertama di Stadion Gelora Daha Jayati, Tapi Sholawatan Dulu

Dalam konteks kompetisi jurnalistik bagi peserta UKW PWI-BUMN, Direktur LUKW PWI Pusat, Firdaus Komar, menjelaskan kriteria yang harus dipenuhi, seperti tema tulisan tentang ‘peran BUMN terhadap kemajuan pers melalui UKW’ dan karya jurnalistik berupa feature dengan minimal 1.500 karakter. Karya yang dilombakan harus dikirimkan melalui link yang disediakan oleh admin PWI Pusat dalam waktu tiga hari setelah pelaksanaan UKW di masing-masing daerah.

Fokus tema yang ditentukan adalah peran penting BUMN dalam membangun perekonomian Indonesia. Sebagai bagian dari sektor publik, BUMN memiliki tanggung jawab besar dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan menyediakan layanan publik yang esensial. BUMN juga dianggap sebagai mitra pemerintah dalam meningkatkan ekspor dan berkontribusi pada pemerataan pendapatan masyarakat.

Menteri BUMN, Erick Thohir, mengakui peran wartawan sebagai bagian integral dari industri pers yang bekerja secara profesional. Dukungan terhadap industri pers, termasuk melalui penyelenggaraan UKW, diharapkan dapat memastikan bahwa pers tetap bersinergi dan berkontribusi pada kemajuan BUMN.

Baca juga : Kawasan JLS di Kecamatan Besuki Tulungagung Justru ditutup Saat Tahun Baru, Ini Penjelasan Kasatlantas

Pengumuman pemenang lomba, yang terdiri dari 10 orang pemenang dan 15 juara harapan, diperkirakan akan dilakukan pada bulan Juli 2024, sesuai dengan perkiraan waktu terkait program UKW-BUMN. Sejumlah daerah yang telah menyelenggarakan UKW memberikan apresiasi kepada PWI Pusat dan beberapa BUMN yang turut serta dalam suksesnya kegiatan ini.

Dalam konteks daerah, Ketua PWI Sulut, Voucke Lontaan, dan Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin, memberikan informasi tentang partisipasi wartawan dalam UKW. Mereka juga mengapresiasi dukungan dari beberapa BUMN, seperti PT Pelindo dan PT Pos Indonesia di Sulut serta BUMN Bank Syariah Indonesia (BSI) dan PTPN III di Aceh.

Pada akhirnya, gelaran UKW yang didukung oleh BUMN di seluruh Indonesia dianggap memiliki dampak positif terhadap kualitas pers dan berpotensi melahirkan produk pers yang berkualitas, memberikan keberlanjutan pada kepentingan BUMN dan pers sebagai mitra yang saling membutuhkan.

Wartawan profesional diharapkan memiliki kemampuan teknis dan etika serta ketaatan pada kode etik jurnalistik, hukum, dan peraturan di bidang pers, yang dapat diuji melalui proses UKW yang diselenggarakan oleh Lembaga Uji Kompetensi Wartawan (LUKW) PWI.. ***

Editor : Hadiyin

Leave a Reply