Mendekati Pencoblosan, KPU Jombang Diganggu, Akun Instagram Diretas Hacker  

Akun Media Sosial KPU Jombang Diretas, Muncul Iklan Soal IniRita Darmawati saat dikonfirmasi media di kantor KPU Jombang terkait peretasan akun media sosial KPU Jombang. (ist)
Jombang, LINGKARWILIS.COM – Akun Instagram milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jombang menjadi target serangan hacker, Senin (29/1/2024) pukul 10.00 WIB.
Rita Darmawati, Komisioner KPU Jombang Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM menjelaskan bahwa peretasan tersebut terdeteksi oleh operator media sosial KPU Jombang ketika mendapatkan notifikasi pada pukul 10.00 WIB dari luar daerah, yaitu Bandung, yang meminta akses ke akun Instagram KPU Jombang.
“permintaan tersebut ditolak namun hacker tetap bisa mengakses pukul 10.00 WIB,” jelasnya.
Baca juga : Ratusan Produk UKM dan Handcraf Kabupaten Kediri Siap Tempati Galeri Bandara Dhoho Kediri

Kata Rita, dalam pengambilalihan akun Instagram KPU Jombang, hacker memanfaatkannya untuk memposting iklan giveaway penjualan handphone. Beberapa pihak juga melaporkan insiden peretasan ini.

Rita menyampaikan bahwa KPU Jombang telah melaporkan kejadian ini kepada badan Adhoc. Akun Instagram KPU Jombang, yang sedang dikuasai oleh pihak ketiga atau hacker, digunakan untuk menjual handphone dengan harga murah.

“Hacker minta transfer pembayaran ke rekening yang nomornya juga disertakan,” ucapnya.
Baca juga : Presiden Jokowi Tekankan Bahwa Dana Desa untuk Kemanfaatan Masyarakat, Ini Pesannya

Pihak KPU Provinsi Jawa Timur telah memberikan arahan kepada KPU Jombang untuk mengambil langkah-langkah pemulihan akun Instagram yang diretas tersebut.

Rita juga mengungkapkan bahwa kepolisian telah membantu agar tidak ada korban penipuan terkait iklan giveaway, dan saat ini iklan penjualan handphone tersebut sudah dihapus (take down).
“Proses pemulihan akun Instagram KPU Jombang masih berlangsung sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh Instagram,” pungkasnya.***

Reporter : Agung Pamungkas
Editor :  Hadiyin

Leave a Reply