Panduan MPLS Tahun Ajaran 2024/2025 untuk PAUD, SD, SMP, SMA Disertai Link Download Materi

3 Contoh Surat untuk Kakak OSIS MPLS, Tulis dengan Sepenuh Hati Kegiatan Selama Perkenalan Sekolah
Ilustrasi contoh surat untuk kakak OSIS MPLS

LINGKARWILIS.COM – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS Tahun Ajaran 2024/2025 menjadi momen yang penting untuk kita semua sebagai langkah awal dalam membangun fondasi yang kokoh dalam dunia pendidikan.

Dalam MPLS ini, kita akan mengenal lebih dekat program-program pendidikan, tata kelola sekolah, serta sarana dan prasarana yang ada.

banner 400x130

Melansir dari Situs Kemendikbud, MPLS merupakan periode singkat di awal tahun ajaran baru yang dirancang khusus untuk siswa dapat mengenal lingkungan sekolah, proses belajar, dan komunitas di sekolah.

Baca Juga: Upaya Pencegahan Perundungan atau Bullying, Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri : Harus Ada Edukasi Saat Pelaksanaan MPLS

Mengapa MPLS Penting?

MPLS bukan hanya tentang memperkenalkan bangunan dan aturan sekolah, tetapi juga tentang menanamkan nilai-nilai penting seperti pengenalan diri, kebersamaan, dan kepedulian terhadap lingkungan.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, MPLS dirancang untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, ramah anak, dan nyaman bagi semua peserta didik.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa MPLS perlu untuk dilakukan:

1. Pentingnya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi Siswa Baru

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah momen yang krusial bagi siswa baru dalam memulai perjalanan mereka di sekolah baru. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa MPLS sangat penting:

2. Mengurangi Rasa Cemas dan Stres

Bagi banyak siswa baru, masuk ke lingkungan sekolah yang baru dapat menimbulkan rasa cemas dan stres yang signifikan. MPLS memberikan kesempatan bagi siswa untuk beradaptasi secara bertahap dengan suasana sekolah, mengenal teman sekelas, dan memahami proses pembelajaran. Ini membantu mengurangi rasa cemas mereka dan membuat transisi menjadi lebih mudah.

Baca Juga: Pemkot Kediri Masifkan Aksi Preventif  Mencegah Perundungan di Kota Kediri

3. Memperkenalkan Sarana dan Prasarana Sekolah

MPLS biasanya mencakup tur menyeluruh ke seluruh area sekolah, termasuk kelas, perpustakaan, laboratorium, dan fasilitas lainnya. Ini memungkinkan siswa baru untuk mengenal dan memahami infrastruktur sekolah dengan lebih baik, sehingga mereka merasa lebih nyaman dan siap mengakses fasilitas yang tersedia.

4. Membangun Hubungan Sosial

Saat MPLS, siswa baru memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan teman sekelas dan guru-guru mereka. Ini membantu membangun hubungan yang positif dan memperkuat rasa kebersamaan di antara mereka. Hubungan yang baik ini juga berdampak positif pada motivasi belajar dan iklim akademik di kelas.

5. Memahami Kultur dan Nilai Sekolah

Setiap sekolah memiliki kultur dan nilai-nilai yang unik. Melalui MPLS, siswa baru diperkenalkan dengan budaya sekolah, termasuk norma-norma perilaku yang diharapkan. Pemahaman ini membantu siswa untuk berintegrasi dengan lebih baik dalam lingkungan sekolah dan menerapkan perilaku yang sesuai.

6. Informasi Penting untuk Siswa dan Orang Tua

MPLS juga menjadi platform untuk menyampaikan informasi penting tentang kebijakan sekolah, program pendidikan, dan acara-acara yang akan diadakan. Hal ini memberikan siswa dan orang tua kesempatan untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik menghadapi tahun ajaran yang baru.

Dengan memahami tujuan dan kebutuhan akan terselenggaranya MPLS berikut adalah link materi MPLS yang telah dibuat oleh Kemendikbud >> Materi MPLS.

Editor: Ahmad Bayu Giandika

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *