Talent Scouting Kota Gianyar 2024, Cara Daftar dan Panduannya

Talent Scouting Kota Gianyar 2024, Cara Daftar dan Panduannya
Poster Talent Scouting Gianyar (Kemnaker)

LINGKARWILIS.COM – Direktorat Bina Pengembangan Tenaga Kerja Dalam Negeri (PTKDN) bersama Talenthub Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) akan menggelar acara Talent Scouting Kota Gianyar Tahun 2024. Acara ini dijadwalkan berlangsung pada Kamis, 25 Juli 2024, di Balai Budaya Gianyar, dengan melibatkan 40 perusahaan dari berbagai sektor.

Acara ini bertujuan untuk menjembatani kebutuhan tenaga kerja dari berbagai perusahaan dengan para pencari kerja yang memiliki potensi dan keahlian yang diperlukan. Dengan format yang dirancang untuk interaksi langsung antara perusahaan dan pencari kerja, Talent Scouting diharapkan dapat membuka peluang kerja yang lebih luas bagi masyarakat Gianyar.

banner 400x130

Dalam Talent Scouting ini, para peserta akan mendapatkan kesempatan untuk bertemu langsung dengan perwakilan perusahaan dan memperoleh informasi tentang berbagai lowongan pekerjaan yang tersedia. Selain itu, kegiatan ini juga dirancang untuk membantu perusahaan dalam menemukan talenta yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca Juga: Iklan Loker di Australia Semakin Menurun Pada Bulan Juni, ANZ Keluarkan Data Resmi 

Melansir dari laman Kemnaker, acara ini tidak hanya fokus pada pencarian kerja, acara ini juga akan menampilkan talkshow ketenagakerjaan yang diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan tambahan bagi para peserta. Talkshow ini akan membahas berbagai topik penting seperti tren ketenagakerjaan di era digital, persiapan menghadapi wawancara kerja, serta strategi peningkatan keterampilan dan kompetensi.

Untuk daftar Talent Scouting Gianyar, bisa dilakukan secara online dengan mendaftar melalui halaman siap kerja. Peserta wajib membuat akun terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya.

Cara Daftar Akun SIAPkerja: Panduan Lengkap

SIAPkerja adalah platform yang disediakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) untuk membantu masyarakat dalam mencari pekerjaan, mengikuti pelatihan, dan mengembangkan keterampilan. Bagi Anda yang ingin bergabung dengan platform ini, berikut adalah panduan lengkap cara mendaftar akun SIAPkerja beserta syarat-syaratnya.

1. Mengakses Laman

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengakses laman platform SIAPkerja melalui website resmi Kemnaker. Anda dapat mengakses laman tersebut melalui link berikut: [SIAPkerja Kemnaker]

2. Melakukan Pendaftaran Akun

Setelah mengakses laman SIAPkerja, langkah berikutnya adalah melakukan pendaftaran akun. Jika Anda belum memiliki akun, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Klik “Daftar Sekarang”: Pada halaman utama, temukan tombol “Daftar Sekarang” dan klik tombol tersebut.

2. Isi Data Pendaftaran: Anda akan diminta untuk memasukkan data pribadi seperti:

– NIK (Nomor Induk Kependudukan)

– Nama Lengkap

– Nama Ibu Kandung

3. Mengatasi Masalah NIK: Jika NIK Anda tidak terdaftar, laporkan masalah tersebut ke Dukcapil terdekat untuk memperbarui NIK Anda.

4. Gunakan Nomor Handphone dan Email Aktif: Pastikan nomor handphone dan email yang Anda gunakan aktif untuk mempermudah proses konfirmasi. Kode OTP (One-Time Password) akan dikirimkan ke nomor handphone atau email untuk verifikasi pendaftaran Anda.

3. Melengkapi Profil

Setelah berhasil mendaftar dan mengonfirmasi akun, langkah selanjutnya adalah melengkapi profil Anda. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Upload Foto Profil: Unggah foto profil atau ambil foto secara langsung melalui platform.

2. Mengisi Biodata: Isi lengkap biodata diri Anda, lalu klik “Selanjutnya”.

3. Mengisi Bagian Pendidikan: Masukkan informasi mengenai riwayat pendidikan Anda.

4. Mengisi Pengalaman Kerja: Tambahkan informasi mengenai pengalaman kerja Anda.

5. Mengikuti Pelatihan: Cantumkan pelatihan yang pernah Anda ikuti.

6. Sertifikasi: Tambahkan sertifikat yang Anda miliki.

7. Keahlian: Isi bagian yang terkait dengan keahlian yang Anda miliki.

Pastikan untuk mengikuti instruksi di platform dengan benar agar semua layanan yang disediakan dapat diakses dan digunakan.

Syarat Membuat Akun SIAPkerja

Untuk membuat akun SIAPkerja, berikut adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi:

– Memiliki NIK (Nomor Induk Kependudukan)

– Memiliki email aktif

– Memiliki nomor handphone aktif

Demikianlah panduan lengkap mengenai cara mendaftar akun SIAPkerja beserta syarat-syaratnya. Dengan memiliki akun SIAPkerja, Anda dapat memanfaatkan berbagai layanan yang disediakan oleh Kemnaker untuk mencari pekerjaan, mengikuti pelatihan, dan mengembangkan keterampilan Anda. Pastikan untuk mengikuti setiap langkah dengan cermat agar proses pendaftaran berjalan lancar dan akun Anda dapat segera aktif.

Untuk informasi lebih lanjut dan bantuan terkait pendaftaran, Anda dapat mengunjungi website resmi Kemnaker atau menghubungi layanan bantuan pelanggan yang tersedia di platform SIAPkerja. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan keahlian Anda!

Editor: Ahmad Bayu Giandika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *