17 Keutamaan Membaca Surat Yasin Setiap Malam, Rezeki Dibuka Selebarnya dan Selalu Mengejar Saat Tanpa Henti! 

Keajaiban Surat Yasin: 17 Manfaat dan Keutamaan Membaca Setiap HariIlustrasi keutamaan dan manfaat membaca surat Yasin

LINGKARWILIS.COM – Surat Yasin dalam Al-Qur’an merupakan salah satu surat yang memiliki kedudukan istimewa dalam ajaran Islam. 

Maka dari itu banyak manfaat dan keutamaan yang akan dibagikan bagi siapa saja yang membaca Surat Yasin. 

Surat Yasin terdiri atas 83 ayat yang termasuk golongan surat Makkiyah, banyak yang meyakini siapa saja yang membaca atau mendengarkan surat akan mendapatkan keutamaan dan manfaat. 

Dari keutamaan dan manfaat yang dimiliki, sering kali Surat Yasin dibacakan untuk orang yang sedang sakit hingga orang yang sudah meninggal. 

Ini beberapa keutamaan dan manfaat membaca Surat Yasin setiap malam yang dilansir dari kanal Youtube Berkah Amalan.

Musim Hujan Makan Bakso Buatan Sendiri, Ini Resep Anti Gagal yang Bisa Dipraktekkan Tanpa Ribet 

1. Diampuni Dosa-dosa

Fadilah yang pertama dijelaskan dalam sebuah hadis, dimana disebutkan bahwa seseorang yang membaca di malam hari, maka keesokan paginya dosa-dosanya akan diampuni. 

Membaca surat ini pada malam hari dengan mengharap ridho Allah akan mendatangkan ampunan dosa.

2. Diangkat Mati Syahid

Dalam sebuah riwayati, dijelaskan bahwa orang yang rutin membaca surat ini di setiap malam akan dipermudah ajalnya dan meninggal dalam keadaan mati syahid. 

Membiasakan membaca Surat Yasin setiap malam diharapkan dapat meningkatkan keberkahan dan memberikan kehormatan mati syahid.

3. Mempermudah Segala Urusan

Surat ini dipercaya dapat mempermudah berbagai masalah hidup. Barangsiapa membaca surat ini di pagi hari, pekerjaan dalam hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika dibaca di akhir suatu hari, tugasnya hingga pagi hari berikutnya juga akan dimudahkan.

Musim Hujan Tiba Enaknya Makan Mie Nyemek Pas Cuaca Lagi Dingin, Yuk Ikuti Resep Lengkapnya di Sini

4. Mendapatkan Ketenangan Hati

Membaca surat ini secara rutin dianggap sebagai bentuk dzikir, dan orang yang memperbanyak dzikir akan merasakan ketenangan hati. 

Ini sesuai dengan ayat dalam Alquran yang menyatakan bahwa dengan mengingat Allah, hati menjadi tentram.

5. Meringankan Siksa Kubur

Barangsiapa membaca Surat Yasin di dekat kuburan seseorang, pada hari itu Allah akan meringankan siksa kubur mereka dan memberikan kebaikan bagi penghuni kubur di perkuburan tersebut.

6. Mempermudah Sakaratul Maut

Membaca surat ini juga dipercaya membantu sakaratul maut agar lebih dipermudah. Bagi orang yang dibacakan Surat Yasin akan menurunkan rahmat dan berkah, dengan membaca surat ini di samping orang yang sedang menghadapi kematian disunahkan.

3 Kue Natal Paling Populer yang Bisa Bawa Kebahagiaan, Ini Resep Lengkap yang Bisa Dipraktekkan

7. Meningkatkan Keimanan

Membaca surat ini dengan memahami maknanya dapat meningkatkan keimanan. Surat ini mencakup pokok-pokok keimanan, tanda-tanda kekuasaan Allah, peringatan kematian, hari akhir, serta kisah perjuangan para syuhada dan pendakwah.

8. Segala Hajat Terkabul

Barangsiapa membaca surat ini dengan harapan, maka dipercaya bahwa segala hajatnya akan dikabulkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. 

Bacaan khusus pada ayat tertentu dapat memperkuat keyakinan bahwa setiap urusan akan dikabulkan.

9. Membantu Pengampunan Dosa

Membaca surat ini untuk memohon ridho Allah diyakini akan membantu pengampunan dosa. Ridho Allah adalah kunci untuk mendapatkan ampunan-Nya, dan Surat Yasin membantu membina hubungan yang erat dengan Allah.

Resep Chocolate Butter Cookies untuk Hidangan Kue Natal yang Spesial, Pasti Banyak Orang Suka

10. Tidak Terhitung Pahala

Surat Yasin dianggap sebagai “jantungnya Alquran.” Orang yang membaca surat ini diberikan pahala seperti membaca Alquran sepuluh kali. 

Ini menunjukkan keutamaan Surat Yasin sebagai satu-satunya surat yang dapat memberikan pahala besar.

11. Kemuliaan di Dunia dan Akhirat

Orang yang rajin membaca surat ini akan dimuliakan oleh Allah. Keutamaan ini tercermin dalam hadis yang menyatakan bahwa orang yang membaca Alquran dan beramal dengan isinya akan diberikan kemuliaan di dunia dan akhirat.

12. Dianggap sebagai Keluarga Allah

Rutin membacanya, seperti membaca Alquran secara umum, membuat seseorang dianggap sebagai keluarga Allah. 

Ini menunjukkan betapa besar penghormatan Allah terhadap orang yang rajin membaca kitab-Nya.

Es Ketan Hitam ala Chef Devina Hermawan, Cocok Jadi Ide Usaha Kuliner, Ini Resepnya

13. Pemberi Syafaat di Akhirat

Membaca Alquran secara rutin, termasuk Surat Yasin, dianggap sebagai pemberi syafaat di akhirat. Alquran akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi orang-orang yang rajin membacanya.

14. Jiwa Bersih

Rutin membaca Alquran dapat membuat jiwa bersih. Analoginya seperti bunga yang beraroma harum. Orang yang rajin membaca Alquran akan memiliki jiwa yang harum dan tentram.

15. Pahala seperti Bersedekah

Membaca Alquran secara terang-terangan dianggap seperti memberi sedekah terang-terangan. Orang yang membaca Alquran secara tersembunyi dianggap seperti memberi sedekah tersembunyi. Ini menunjukkan bahwa setiap amalan membaca Alquran memiliki pahala yang besar.

Inspirasi Resep Kue Natal Kekinian yang Banyak Disukai Orang, Japanese Cheese Cake Bikin Nagih

16. Cahaya di Hari Kiamat

Dari Abu Hurairah, hadis menyatakan bahwa orang yang mendengar satu ayat dari kitab Allah, Alquran, akan mendapat satu kebaikan yang berlipat ganda. Siapa yang membacanya, baginya akan ada cahaya di hari kiamat.

17. Bermanfaat di Alam Kubur dan Hari Kiamat

Akhirnya, Surat Yasin diyakini akan menjadi penerang dan teman di alam kubur, serta penolong di hari kiamat. 

Membaca Alquran, khususnya Surat Yasin, diharapkan dapat membawa berkah, perlindungan, dan pertolongan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Editor: Shadinta Aulia

Leave a Reply