Sebuah Pesawat dengan 12 Penumpang Mengalami Kecelakaan di Papua Tengah, Semua Dilaporkan Selamat

Pesawat Smart Air PK-SNJ mengalami kecelakaan di Bandara Aminggaru, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua TengahPesawat yang mengalami kecelakaan (Dok. Polda Papua)

Papua, LINGKARWILIS.COM – Pesawat Smart Air PK-SNJ mengalami kecelakaan di Bandara Aminggaru, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Senin (05.02/2024) pukul 07.31 WIT pagi.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes. Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom, menyatakan ada 12 penumpang di pesawat tersebut dan mereka dilaporkan selamat.

“Semua penumpang selamat dari insiden itu,” tegas Kombes. Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, seperti dilansir laman resmi Tribratanews.go.id.

ASN yang Pindah ke IKN Akan Dapat Tunjangan Pionir, Ini Infonya

Pesawat tersebut dipiloti oleh Captain Pilot Ilman A dan Co Pilot Ilham membawa beberapa penumpang, antara lain dr. Yofri, Putu, Obet K, Melinus Tabuni, Erina Murib, Denius, Yulius, Irince, Melince, Weta, Julinus, dan Kior.

“Selain penumpang, pesawat juga membawa cargo dengan berat sekitar 2,6 kwintal,” jelas Kombes. Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo.

Sementara itu Kapolres Puncak, Kompol I Nyoman Punia S.Sos, menjelaskan bahwa cuaca pada saat pesawat take  off dari Bandara Mozes Kilangin Timika dalam kondisi baik, meskipun beberapa hari sebelumnya cuaca di wilayah Kabupaten Puncak cukup ekstrim.

Baca juga : Bandara Dhoho Kediri untuk Sementara Dijadikan Tempat Wisata, Ini Penjelasan Resmi Pemkab Kediri

“Kejadian tragis ini bermula saat pesawat hendak menuju apron/parkir, mengalami kegagalan rem pada roda belakang sebelah kanan. Akibatnya, pesawat secara spontan belok ke kiri, keluar dari jalur runway, menabrak pagar bandara, dan sebagian pesawat mengeluarkan asap,” ungkapnya.

Punia menambahkan bahwa saat kejadian, warga dan aparat keamanan berlarian ke pesawat untuk membantu evakuasi penumpang dan awak pesawat. Saat ini, situasi di bandara dianggap aman dan lancar.

“Akan dilakukan koordinasi bersama pihak maskapai dan pihak terkait untuk langkah-langkah selanjutnya guna mencegah kejadian serupa terulang di masa mendatang,” tambahnya.***

Editor : Hadiyin

Leave a Reply